Desain ProdukFesyenIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifSeni Rupa

Nucalale: UMKM yang Selipkan Budaya Khas NTT Dalam Karyanya

Indiekraf.com – Sudah pernah tahu tentang Nucalale? Ini adalah salah satu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang didirikan oleh dua pemuda asal Nusa Tenggara Timur. Apa sih yang mereka buat? Dan apa saja yang mereka unggulkan dari brand Nucalale?

Sarafim bersama dengan Randi merupakan dua pemuda asal NTT yang berhasil membangun Nucalale. Melalui Instagram Official mereka, @nucalale, mereka menjelaskan arti nama dari brand yang mereka usung. “Konon, Nucalale adalah cikal bakal munculnya nama salah satu daerah di Nusa Tenggara Timur, yaitu Manggarai. Jika dulunya Jakarta bernama Batavia, Manggarai dulunya bernama Nuca Lale.” tulisnya.

Nuca sendiri menggambarkan gugusan kepulauan dan lalu merupakan pohon yang terkenal dengan ukurannya yang besar dan tinggi serta memiliki kayu yang kuat. Pohon ‘lale’ ini ternyata banyak ditemukan di daerah Manggarai pada saat itu. Kulit kayunya banyak digunakan oleh para leluhur setempat sebagai bahan pakaian, sedangkan bijinya diambil sebagai makanan. 

Sebagai pendirinya, Sarafim dan Randi mengungkapkan bahwa mereka kini menghasilkan produk seperti kaos, tas hingga kemeja. Ia juga berusaha untuk menyampaikan budaya NTT lewat karya yang ia hasilkan di Nucalale. Saat ini, tenun adalah salah satu produk unggulan dari brand asal NTT ini. Sarafim juga memberikan beberapa ilustrasi gambar sampai kata khas NTT di produk yang ia pasarkan. 

Baca Juga Festival Mbois 5 Resmikan Mbois Store, Platform Digital Untuk Produk UMKM

Nucalale sempat mendapatkan pertanyaan lewat kolom ‘Question’ di Instagram Story mereka. Warganet menanyakan apa saja tantangan yang dihadapi pelaku industri kreatif di pasar Indonesia saat ini. Mereka pun menjawab, “Tantangannya lumayan banyak. Salah satunya adalah akses ke pasar yang lebih luas. Mengingat bahwa Nucalale adalah brand lokal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan konsep NTT juga, jadi dibutuhkan usaha yang lebih besar untuk terus berkembang”.

“Beruntungnya adalah, kami dikelilingi orang-orang baik yang dengan sukarela mendukung dan juga ikut mempromosikan karya kami. Terima kasih kalian” tambah mereka. Saat ini mereka sudah membuka gerai di e-commerce Shopee. Semoga bisnis Nucalale semakin sukses dan bisa terus ikut memajukan industri kreatif Tanah Air.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button