Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku Kreatif

Penghasilan Rp8 Miliar Dari YouTube, Raffi Ahmad Bagikan Tips Ini

Indiekraf.com – YouTube saat ini menjadi platform untuk mencari uang yang populer di dunia. Masyarakat khususnya kaum milenial sudah mulai banyak yang berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari platform tersebut menjadi seorang YouTuber, salah satunya adalah Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad adalah salah satu artis papan atas Indonesia yang juga memanfaatkan platform YouTube untuk mendapatkan penghasilan. Tak tanggung-tanggung, Ia bahkan hampir memperoleh sekitar 8 miliar rupiah per bulan dari platform tersebut. Jumlah ini tentunya membuat banyak YouTuber lain ingin mengetahui ‘resep rahasia’ untuk bisa memperoleh uang sebanyak itu melalui YouTube.

Baca juga Baru Berusia 9 Tahun, Youtuber Ini Berhasil Raih Pendapatan 416 Miliar

Keadaan pandemi covid-19 tentunya memberikan dampak negatif terhadap berbagai sektor bisnis, termasuk profesi YouTuber. Melihat hal tersebut, Raffi Ahmad memberikan tips and trick melalui event webinar ‘Semangat Ekonomi Kreatif Di Tengah Masa Pandemi’. Dikutip dari sindonews.com, suami Nagita Slavina tersebut mengatakan bahwa kita perlu melakukan adaptasi. ”Adaptasi dan mindset kita harus positif, harus semangat. Kemarin saat covid pertama-tama, kalau anak mudanya menggerutu, aduh nanti gimana, yang ada kita down,” ujarnya.

Oleh karena itu, memiliki mindset yang positif adalah hal yang harus kita lakukan saat ini. “Kita harus benar-benar beradaptasi dan membenahi mindset kita menjadi besok gimana, apa yang harus kita lakukan,” tambah Raffi.

Baca juga Mencapai 4 Miliar Perbulan, Ini Daftar Penghasilan 5 Youtuber Game di Indonesia

Ia pun juga menceritakan perjuangannya membesarkan Rans Entertainment pada saat pandemi covid-19 seperti sekarang. Tentunya tak mudah baginya bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp8 miliar per bulan dari YouTube. “Dulu Rans hanya 3 karyawan dari garasi kecil. Pertama kali covid saya bingung, kalau ini sampai setahun kita susah. Lalu saya mikir gimana caranya supaya endorse sponsor masuk ke saya. Akhirnya saya bantu UMKM, ibaratnya kalau mau ditolong, kita harus menolong orang dulu,” jelasnya.

Strategi tersebut ternyata berhasil. Rans Entertainment mulai mendapatkan banyak tawaran kerja sama dengan brand-brand besar. ”Akhirnya saya promosikan dan mereka kasih feedback, nah dari situ saya ke brand besar. Saya bantu UMKM akhirnya masuk brand besar ke saya,” pungkasnya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Terbongkar! Ini Rahasia Raffi Ahmad Cuan Rp8 Miliar Sebulan dari Youtube

Related Articles