Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku KreatifSeni PertunjukanTelevisi dan Radio

Baru Berusia 9 Tahun, Youtuber Ini Berhasil Raih Pendapatan 416 Miliar

Indiekraf.com – Pernahkah kamu membayangkan mendapatkan uang miliaran rupiah pada usia 9 tahun? Ryan Kaji, seorang Youtuber yang masih berusia 9 tahun ini telah berhasil mendapatkan uang sebesar $29,5 juta atau sekitar 415 miliar rupiah pada tahun 2020. Hal ini membuatnya sebagai Youtuber dengan bayaran tertinggi tahun ini.

Ryan Kaji adalah Youtuber dari Texas, Amerika yang memiliki ‘family friendly’ konten dengan sebagian besar target audiencenya merupakan anak-anak. Ia berhasil memperoleh uang miliaran rupiah dengan cara membuat konten berupa pengalaman ‘unboxing’ dan mereview berbagai macam mainan. Ia bahkan berhasil memiliki gelar sebagai Youtuber dengan bayaran paling tinggi selama 3 tahun berturut-turut.

Baca juga Mencapai 4 Miliar Perbulan, Ini Daftar Penghasilan 5 Youtuber Game di Indonesia

Selain mendapatkan uang melalui channel YouTubenya yaitu Ryan’s World, Ryan diperkirakan juga mendapatkan keuntungan sebesar $200 juta atau sekitar 2 triliun rupiah dari penjualan mainan dan pakaian dengan merek Ryan’s World. Selain itu, Youtuber berusia 9 tahun ini juga telah mendatangani kontrak dengan Nickelodeon untuk membuat serial TVnya sendiri. Mereka merahasiakan berapa uang yang diterima dari kontrak tersebut, namun kemungkinan angkanya bisa mencapi jutaan dolar.

Ryan Kaji memulai karir pertamanya sebagai seorang Youtuber pada bulan Maret 2015. Setelah menonton beberapa video anak-anak di YouTube, Ia mengatakan pada ibunya, “Kenapa saya tidak ada di YouTube ketika semua anak lain ada?”. Saat itulah perjalanan karir bersama keluarganya di dunia digital dimulai.

Baca juga 5 Rekomendasi Kamera Vlogger Terbaik Tahun 2020, Beserta Harganya

Keluarga besar Ryan Kaji telah mengolah sebanyak 9 YouTube Channel, dimana channel Ryan’s World adalah yang paling populer dengan 41,7 juta subscriber dengan 12,2 miliar total penayangan seluruh videonya. Salah sau videonya berjudul Huge Eggs Surprise Toys Challenge telah berhasil mendapatkan lebih dari 2 miliar views, yang menjadikan salah satu dari 60 video yang paling banyak ditonton di YouTube.

Namun, dikutip dari theguardian.com, Ryan Kanji dan keluarga saat ini telah menghadapi ancaman penyelidikan dari Komisi Perdagangan Federal AS mengenai masalah sponsor. “Hampir 9% dari video Ryan ToysReview telah menyertakan setidaknya satu rekomendasi produk berbayar yang ditujukan untuk anak-anak prasekolah, kelompok yang terlalu muda untuk membedakan antara iklan dan ulasan,” kata keluhan dari pengawas konsumen, Truth In Advertising.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Ryan Kaji, 9, earns $29.5m as this year’s highest-paid YouTuber

Related Articles