Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifOpini Kreatif

Perbandingan Fitur Google Classroom dengan Edmodo

Indiekraf com – Produk aplikasi di sektor pendidikan saat ini telah menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan banyak sekolah dan universitas di Indonesia yang menerapkan belajar secara online selama masa pandemi Covid-19. Aplikasi Google Classroom dan Edmodo adalah contoh aplikasi yang sering digunakan saat ini.

Google Classroom dan Edmodo adalah aplikasi yang berfungsi untuk membantu para guru dan murid untuk “membuka kelas” secara online. Selain itu, aplikasi ini juga terdapat fitur memberikan tugas, kuis, hingga penilaian secara langsung.

Lalu, apa berbedaan kedua aplikasi tersebut? Dalam artikel ini, kita akan membandingkan antara fitur Google Classroom dengan Edmodo.

Baca juga Yuk Kenalan dengan 5 Pemenang Hackathon DILo 2019 Malang

Perbedaan yang paling terlihat pada kedua aplikasi tersebut adalah kemampuanya untuk integrasi dengan aplikasi lain. Karena dibawah naungan Google, aplikasi Google Classroom memiliki keunggulan untuk bisa berintegrasi dengan aplikasi google lainya seperti Gmail, Google Drive, dan Google Doc secara gratis. Jika dibandingkan dengan Edmodo, Anda harus membayar untuk bisa melakukan integrasi kebeberapa aplikasi pihak ketiga.

Dari segi harga, Google Classroom memberikan layanan gratis kepada guru dan murid, namun pihak sekolah harus terlebih dahulu mendaftarkan institusinya di paket Google for Education. Pada aplikasi Edmodo hanya bisa membuat akun “freemium” untuk bisa menikmati fitur dasar, dan harus membayar sekitar $2500/institusi untuk fitur premium dalam satu tahun.

Namun, terdapat keunggulan dari Edmodo yaitu Edmodo menawarkan fitur untuk para orang tua murid agar bisa mengakses kegiatan belajar anaknya di aplikasi tersebut. Layanan ini yang tidak dimiliki oleh “pesaing”-nya.

Meskipun kedua aplikasi tersebut memiliki beberapa kesamaan layanan, Anda sebaiknya memilih aplikasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan sekolah atau institusi Anda.

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi
[1] Google Classroom vs. Edmodo: Key Features and Services Comparison

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button