Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Pernah Jadi Primadona, Blacbery Akhirnya Berhenti Beroperasi Hari Ini

Indiekraf.com-Sempat merajai pangsa pasar telepon pintar di muka bumi ini, pelopor ponsel keyboard QWERTY, Blackberry akhirnya secara resmi berhenti beroperasi pada hari ini, Selasa (04/01/22).

Melalui laman resminya, Blackberry mengumumkan sistem operasi Blackberry OS tidak dapat digunakan secara optimal. Fungsi-fungsi utama seperti data internet, panggilan telepon, SMS sudah tidak dapat berfungsi lagi.

“Melalui tanggal ini, perangkat yang menggunakan layanan dan perangkat lunak tersebut, apakah melalui penyedia layanan atau koneksi WIFI, tidak lagi benar-benar berfungsi,”bunyi pengumumannya.

Alasan pihak Blackberry menghentikan sistem operasi, karena mereka ingin memberikan layanan keamanan intelijen perangkat lunak bagi pelanggan perusahaan dan pemerintahan. Pada 2016, Balckberry berubah haluan menjadi perusahaan perangkat lunak. Lisensi untuk ponsel yang dikenal dengan BB ini akhirnya dibeli oleh TCL pada tahun yang sama.

Setelah itu, ponsel Blackberry hadir dengan sistem Android, antara lain Blackberry KeyOne dan Key2. Sayangnya, TCL tak mampu mengembalikan kepopuleran Blackberry. Mereka akhirnya berhenti beroperasi memproduksi ponsel merk tersbeut sejak 2020.

Baca juga:

Lisensi ponsel Blackberry akhirnya pindah ke perusahaan rintisan OnwardMobility, sempat tersiar kabar pada pertengahan 2021 akan merilis sebuah ponsel baru, tapi hingga akhir tahun 2021 ponsel tersebut tidak juga hadir.

Sistem perpesanan populernya yakni BBM juga sudah tamat pada 2019 silam.

Related Articles