Desain ProdukIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Perusahaan Asal Amerika Tesla Berencana Dirikan Pabrik di Indonesia

Indiekraf.com – Tesla dikabarkan telah serius untuk mendirikan pabrik di Indonesia. Perusahaan asal Amerika tersebut rencananya akan membangun pabrik baterai untuk keperluan mobil listriknya.

Seorang importir umum (IU) Prestige Image Motocars sangat menyambut baik niat pembangunan pabrik tersebut. Prestige merupakan salah satu importir Tesla yang sukses menjualkan mobil-mobil buatan Amerika tersebut di Indonesia.

Baca juga Ciptakan Ekonomi Produktif, Perusahaan ini Bekerjasama dengan Kementerian BUMN

Dikutip dari cnnindonesia.com, Presiden Direktur Prestige Image Motocars, Rudy Salim mengatakan bahwa rencana Tesla untuk membangun pabrik di dalam negeri akan memberikan nilai tambah untuk Indonesia, khususnya terkait iklim investasi. “Iya, tentu itu berita baik untuk meningkatkan iklim investasi. Indonesia juga berarti sudah dipandang sampai ada perusahaan besar ingin investasi,” ujarnya.

Salah satu alasan Tesla ingin membangun pabrik baterai di Indonesia adalah karena mereka melihat bahwa cadangan nikel disini cukup melimpah. Dikutip dari goodnewsfromindonesia.id, Indonesia merupakan negara pengekspor bijih nikel terbesar di dunia. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki cobalt yang melimpah. Keduanya merupakan bahan baku penting dalam pembuatan baterai.

Melimpahnya sumber daya alam membuat banyak produsen baterai yang juga ingin merelokasi pabriknya di Indonesia. Perusahaan asal Amerika tersebut rencananya akan membangun pabrik baterainya di Batang, Jawa Tengah.

Baca juga Wih Greget! Amerika Serikat Bakal Bangun Pabrik Tempe

Pihak Tesla telah menghubungi pihak pemerintah Indonesia untuk membicarakan tentang investasi ini. Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Ayodhia GL Kalake menyebut jika pihak Tesla telah menghubungi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Meski begitu, belum ada kepastian apakah maksud investasi Tesla tersebut adalah untuk membangun pabrik baterai atau perakitan mobil.

“Khusus untuk Tesla, pihak Tesla secara informal sudah menghubungi pak Menko Luhut, tetapi ini masih penjajakan awal dan belum terlalu detail. Kami perlu diskusi lebih lanjut bersama pihak Tesla,” ujar Ayodhia, dikutip dari cnnindonesia.com.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Tesla Siap Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia
[2] Rencana Tesla Buat Pabrik di RI: Cuma Power Plant dan Baterai

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button