Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Ciptakan Ekonomi Produktif, Perusahaan ini Bekerjasama dengan Kementerian BUMN

Indiekraf.com – Indonesia memiliki industri kreatif yang semakin berjaya. Dengan berkembangnya industri kreatif mendukung juga perkembangan ekonomi kreatif Tanah Air. Di bulan ini, Menteri BUMN Erick Thohir mewujudkan salah satu misi dari Presiden Joko Widodo. Misi tersebut berkaitan dengan perekonomian negeri.

Erick kini tengah berupaya untuk menciptakan ekonomi Indonesia yang merata, produktif, dan berdaya saing. Hal itu diwujudkan dengan melalui unit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Bank Indonesia juga menyebutkan bahwa UMKM kini juga menjadi salah satu sumber dari kekuatan ekonomi bangsa. Telkom turut mendukung Kementerian BUMN dengan memaksimalkan potensi tersebut dengan tiga domain bisnis digital yaitu connectivity, platform dan servis.

Baca Juga iOS 14 Apple Segera Muncul, Sekeren Apa Sih?

Telkom berkolaborasi dengan delapan BUMN lain di bulan Agustus 2020 lalu dan menghadirkan aplikasi Pasar Digital (PaDi) UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN. Platform ini juga mempertemukan para pelaku UMKM dengan perusahaan BUMN yang membutuhkan perihal pengadaan barang tertentu. Pada peluncuran aplikasi, Erick mengatakan “Dengan peningkatan belanja khususnya kepada UMKM, akan mendorong perekonomian untuk bergerak lagi, sehingga pemulihan ekonomi diharapkan akan lebih cepat. Peran BUMN salah satunya diwujudkan melalui PaDi UMKM ini,”.

Ada pula langkah lainnya yaitu melepaskan program Smart Village Nusantara. Program ini dilaksanakan TelkomGroup bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal serta Transmigrasi untuk mendorong pemanfaatan informasi dan teknologi komunikasi dalam rangka membangun desa yang aktif dan produksi. Di masa pandemi ini, TelkomGroup tetap tanggap dalam mengembangkan aplikasi Pedulilindungi yang juga diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Kominfo. Aplikasi tersebut bertujuan untuk melacak dan menelusuri penyebaran penyebaran virus COVID-19. Pelacakannya pun berdasarkan pelacakan riwayat lokasi dari perangkat mobile yang digunakan oleh penggunanya. Tak hanya itu, Telkom juga memberi dukungan secara sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button