Industri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifSeni Rupa

SALUT! UKM Ini Sulap Limbah Elektronik Jadi Perhiasan, Bisa Sampai ke Luar Negeri lho!

Indiekraf.com – Sudah pernahkah kamu mendengar sosok keren yang mampu mengubah limbah elektronik menjadi barang berharga? Ini dia Ershad, seorang pengrajin yang mampu mengubah limbah – limbah computer menjadi perhiasan berharga tinggi. Ershad juga ternyata merupakan pendiri usaha kecil dan menengah (UKM) Zen Silver!

UKM Zen Silver kini berhasil membawa pamor limbah menjadi barang yang bernilai tinggi. Hasil karya yang ia dan timnya buat bahkan sudah berhasil menembus pasar, lho. UKM Zen Silver sendiri terletak di Desa Mijen, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak. Usaha ini berawal dari proses mendapatkan bahan baku berupa limbah elektronik. Limbah elektronik ini banyak didapatkan dari para pemulung.

Setelah mendapatkan limbahnya maka akan berlanjut ke proses selanjutnya. Limbah kemudain diolah menjadi perhiasan unik. Ershad mengatakan bahwa setiap limbah elektronik memiliki kandungan yang beragam di dalamnya. Bahan tersebut pun bisa diolah menjadi suatu kerajinan. Hasil kerajinan yang dihasilkan oleh UKM Zen Silver ada beberapa macam, misalnya perhiasan, kerajinan wayang logam hingga logo untuk instansi.

Baca Juga 7 Jurus Jitu Bisnis Online di Instagram, Siap-Siap Kebanjiran Order!

Hasil produksi ini nyatanya mampu menarik pasar internasional. Keindahan serta keunikan dari karya ini saat ini sudah dilirik oleh negara seperti Brasil, Belanda, Perancis, Amerika Utara hingga Suriname. Negara – negara tersebut hingga kini masik aktif meminta produknya secara rutin. Tak hanya itu, ternyata produk hasil kerja dari Ershad dan tim pernah digunakan di ajang Miss Universe 2017 lho.

UKM Zen Silver tak hanya menghasilkan barang – barang yang cantik, tapi juga berjasa bagi beberapa orang. Usaha yang Ershad bangun ini nyatanya bisa membantu pengurangan jumlah pengangguran yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Meskipun ini bukanlah hal yang mudah, namun Ershad tetap berusaha untuk mengedukasi warga. Hal itu dimulai dari mengajari warga untuk pembuatan souvenir, kalung dan perhiasan lainnya. Sampai saat ini, kurang lebih sudah ada 23 warga desa yang bekerja di UKM Zen Silver. Bukan hanya itu, ada juga beberapa pemuda desa yang turut membantu menjadi tenaga pemasaran.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button