Desain ProdukIndustri Kreatif

Sejarah Desain Trofi Premier League

Indiekraf com – Kabar gembira untuk Liverpudlian (nama julukan fans Liverpool) yang akhirnya akan merayakan keberhasilan karena telah mampu menjadi juara Priemier League musim ini.

Liverpool telah menunggu kurang lebih selama 30 tahun untuk merasakan gelar juara ini.

Mereka telah resmi juara karena telah memiliki poin yang sudah tak bisa terkejar lagi oleh rival terdekatnya Manchester City, meski masih tersisa tujuh pertandingan.

Setelah nanti seluruh pertandingan selesai, Liverpool akan resmi memiliki trofi premier league yang ikonik tersebut.

Premiere Leauge Trophy adalah sebuah “hadiah” bagi tim yang berhasil menjadi juara pada liga inggris premiere league mulai tahun 1992.

Desain dari trofi ini dirancang oleh Royal Jewellwers Asprey dari London.

Perusahaan tersebut telah membuat berbagai macam produk premium, khususnya perhiasan. Bahkan, Royal Jewellwers Asprey telah mendapatkan Royal Warrant of Appointment dari Kerajaan Inggris sejak tahun 1800-an.

Desain pada trofi Premier League didasarkan pada heraldry of Three Lions Three Lions yang sangat identik dengan dunia sepak bola di inggris.

Pada bagian atas trofi, terdapat dua singa yang ada di pegangan di kedua sisi trofi, sedangkan yang ketiga dilambangkan oleh kapten tim pemenang gelar yang mengangkat trofi.

Tubuh utama terbuat dari perak murni dan alasnya terbuat dari perunggu (batu semi mulia).

Alasnya ditutupi dengan pita perak yang mengitari bagian bawah trofi, tempat untuk menuliskan nama-nama tim pemenang kompetisi tersebut. Terdapat warna hijau yang ada di bagian bawah untuk melambangkan “green field” atau lapangan sepak bola.

Total keseluruhan berat Trofi ini mencapai kurang lebih sekitar 25 kg.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi
[1] https://www.goal.com/en-us/news/premier-league-trophy-winners-who-designed-it-who-keeps-it/rf7jwkpc93ki1lj4fozajqwd5

[2] sumber gambar via https://www.premierleague.com/news/1608983

Baca Juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button