Aplikasi Digital dan GameMbois Media

Selamat, Bingkai Karya Dapat Pendanaan Pre Seed Funding dari Perusahaan Internasional

Satu Lagi startup Digital dari Malang yang Dapat Pendanaan Pre Seed Funding, Bingkai Karya

Indiekraf.com – Bingkai Karya, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif dan media berbasis digital berhasil meraih pendanaan senilai ratusan juta rupiah di akhir tahun 2022 ini. Pendanaan yang didapatkan oleh Bingkai Karya ini adalah pendanaan pre-seed atau tahap awal pendanaan startup. 

Awal tahun 2018, Bingkai Karya mengawali langkahnya sebagai jasa desain grafis dan ilustrasi untuk social media management UMKM di Malang. Akhir 2018, Bingkai Karya mulai bergerak dengan membuat podcast. Seiring dengan semakin bertambahnya podcaster, Bingkai Karya bertransformasi menjadi podcast network dan portal berita online yang ditujukan untuk anak muda. 

“Pada saat itu, kami sudah berkeinginan untuk fokus ke market south east asia. Jadi, dari segi branding, treatment komersil, dan kurasi sudah kami ubah sesuai standar target market media internasional,” kata Rizal Rosyadi, CEO Bingkai Karya. 

Hal ini terbukti dengan keberhasilan Bingkai Karya dalam menggandeng tokoh-tokoh besar sebagai tamu dalam podcastnya, mulai dari wakil bupati Emil Dardak, Roger Cook (wakil perdana menteri Australia Barat), hingga penyanyi asal Inggris, Calum Scott. 

Menginjak tahun keempat, Bingkai Karya semakin mantap melangkah dengan menyajikan berita dalam dwi bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, di website dan Social media-nya. Tak hanya itu, Bingkai Karya sukses mengembangkan diri dengan growth hingga lebih dari delapan kali lipat dalam berbagai aspek dibandingkan awal tahun 2022. 

Melihat pergerakannya yang progresif, di tahun 2023 ini Bingkai Karya dilirik oleh dua investor strategis, yaitu sebuah PT nasional dan sebuah NGO. Kedua investor strategis ini menggelontorkan dana total senilai puluhan ribu USD atau setara dengan ratusan juta rupiah. 

“Pendanaan ini akan digunakan untuk mengembangkan produk media property (MP) dan intellectual property (IP) Bingkai Karya secara keseluruhan untuk mempersiapkan diri menghadapi web 3.0, ” ungkap Rizal. “Lalu, kami akan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dengan melakukan perekrutan dan pembinaan. Kami berharap dengan bergabungnya talenta-talenta terbaik ini, tidak hanya memberikan dampak untuk kemajuan Bingkai Karya, melainkan untuk pengembangan diri mereka sendiri dan untuk masyarakat agar dapat memberikan value yang lebih.” 

Rizal menambahkan, dengan pendanaan ini pihaknya ingin menghadirkan sebuah jaringan media berbasis digital yang bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia hingga mancanegara. 

“Sesuai dengan target kami di tahun 2022, yaitu bisa ekponensial dan bisa bekerjasama di luar Indonesia. Kemungkinan besar yang terdekat adalah bekerjasama dengan Eropa untuk strategi pengembangan IP dan MP digital kami. Karenanya, saat ini kami berupaya maksimal memperkuat kualitas konten kami, terutama yang berbahasa Inggris.” 

Baca Juga :

Related Articles