Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Shopee, DANA, Mandiri dan BRI Menyusul Jadi Mitra Bayar Kartu Prakerja

Indiekraf.com – Pemerintah saat ini mulai memperluas kerjasamanya dengan mitra-mitra terkait dengan pelaksanaan Kartu Prakerja. Sebelumnya, dompet digital GoPay, menjadi mitra dari pemerintah untuk keperluan penyaluran bantuan peserta Kartu Prakerja. Kini, ada lagi mitra yang menyusul Go-Pay lho. Shopee, Mandiri, DANA dan BRI akan segera menjadi mitra untuk pembayaran Kartu Prakerja.

Penyaluran atau pembayaran insentif untuk peserta dilakukan dengan cara non-tunai via dompet digital. Tak hanya GoPay, beberapa dompet digital lainnya yang telah menjadi mitra Pemerintah adalah OVO dan LinkAja. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari. 

Ia mengatakan bahwa komitmen kerjasama ini sudah ditandai dengan adanya tanda tangan nota kesepahaman atau disebut juga Memorandum of Understanding (MoU). MoU tersebut telah disetujui juga dengan keempat calon mitra dari Kartu Pra Kerja. Meski begitu, Denni juga menjelaskan bahwa kerjasama baru akan dimulai jika sudah ada kesepakatan lanjutan dari pihak yang bersangkutan. 

Baca Juga Buka Kantor R&D di Surabaya, Ini Target Bukalapak

Manajemen Pelaksanaan Kartu Prakerja juga akan melakukan integrasi teknis dengan keempat calon mitra tersebut. Proses integrasi ini pun juga memakan waktu yang cukup lama. Kami telah menandatangani MoU bersama DANA, Shopee, BRI, dan Mandiri. Tetapi ini masih MoU. Finalnya kan masih perjanjian kerja sama. Karena memuat hal-hal yang lebih detail, teknis tentang hak dan kewajiban dan sebagainya,” tegasnya. Hal itu ia sampaikan pada diskusi virtual bersama media, dikutip dari CNN Indonesia pada Selasa (15/9) lalu.

Selain itu, Denni juga mengatakan bahwa terdapat beberapa hal yang harus disesuaikan dengan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang ada di manajemen pelaksanaan Kartu Prakerja. “Terutama engineering maupun operasi. Jadi sekarang ini dalam proses integrasi untuk kemudian menambah mitra pembayaran baru,” tegasnya. 

Kartu Prakerja sendiri merupakan program peningkatan produktivitas dan pengembangan kompetensi bagi masyarakat berusia 18 tahun keatas dengan bantuan biaya pelatihan. Syarat lainnya adalah peserta tak boleh terikat sekolah maupun kuliah. Kolaborasi ini mempermudah peserta dari program Kartu Prakerja untuk menerima bantuan insentif non-tunai yang diberikan Pemerintah melalui aplikasi dompet digital maupun rekening bank yang disediakan oleh mitra Pelaksanaan Kartu Prakerja. 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button