Acara KreatifArsitekturDesain Komunikasi VisualIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifKriyaSeni PertunjukanWisata Kreatif

Simak! Karya dari 150 Seniman di London Mural Festival 2020

Indiekraf.com – Karya seni jalanan (street art) adalah salah satu sektor industri kreatif yang masih menjadi perbincangan. Terdapat beberapa daerah di dunia yang menyebut bahwa street art adalah hal yang ilegal. Namun, hal tersebut tak berlaku di event London Mural Festival. Dalam event ini, setiap seniman diberikan kesempatan untuk memamerkan karyanya secara legal.

London Mural Festival (LMF) merupakan event perdana perayaan street art terbesar di London. Event ini telah dimulai pada bulan September 2020. London Mural Festival diselenggarakan dan didanai secara pribadi oleh Global Street Art (GSA) dan beberapa partner.

Baca juga Milk & Mocha Bear, Karakter Kartun Asal Indonesia yang Mendunia

Lebih dari 150 seniman dari seluruh dunia ikut berpartisipasi dalam event tersebut. Mereka akan melukis di lebih dari 50 dinding dengan ukuran besar yang telah disediakan di pusat kota.

LMF bertujuan untuk menghadirkan seni kepada masyarakat, sekaligus memberikan cara yang legal kepada seniman untuk memamerkan karya mereka di galeri publik. Mengingat dengan adanya pandemi Covid-19 yang sedang menyerang dunia, LMF berharap bisa membantu memberikan nilai positif dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat yang menikmatinya.

Baca juga Festival Mbois 5: Ekonomi Kreatif Harus Terus Didukung!

Dilansir dari website resminya, Laura Citron, CEO London & Partners, salah satu agency besar di Inggris mengatakan bahwa LMF adalah event yang mampu menjadikan London sebagai kota yang dikenal dengan kreatifitasnya.

“Culture and the arts are synonymous with London and it’s the number one reason that visitors come here. The London Mural Festival is a fantastic innovative addition to our cultural landscape and really puts London in the spotlight as a dynamic and creative city.”

“Budaya dan seni sangat identik dengan London dan itulah alasan utama pengunjung datang ke sini. London Mural Festival adalah tambahan inovatif yang fantastis untuk lanskap budaya kami dan benar-benar menempatkan London dalam sorotan sebagai kota yang dinamis dan kreatif.” tulis Citron.

Berikut adalah contoh seniman dengan portfolio karyanya yang akan berpartisipasi di event London Mural Festival 2020:

Aches

Seorang seniman grafiti yang merupakan salah satu superstar grafiti terkenal di Irlandia.

Faunagraphic

Seorang ilustrator yang berbasis di London dengan lebih dari sepuluh tahun pengalaman di bidang seni dan desain komersial.

Adele Renault

Seniman yang dibesarkan di Ardennes Belgia ini memfokuskan keseniannya pada penggambaran realistis di atas kanvas serta mural besar.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] about london mural Festival

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button