Desain Komunikasi VisualFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifInsightPelaku Kreatif

Sosok Pinot W. Ichwandardi, Mendunia Dengan Karya Animasi Retro

Indiekraf.com – Wahyu Ichwandardi atau biasa disebut dengan panggilan Pinot adalah seorang animator Indonesia yang terkenal dengan karya animasi klasik retro ciptaanya. Tak hanya hasil animasi klasik, Pinot juga membuat karya tersebut dengan menggunakan komputer Mac jadul keluaran tahun 1980-an. Dengan ciri khasnya tersebut, kini Ia telah sukses melebarkan karirnya sebagai senior animator di salah satu perusahaan yang ada di New York, Amerika Serikat.

Pinot sangat terinspirasi dari sang Ayah yang juga merupakan seorang animator, ilustrator sekaligus komikus di Indonesia. Dilansir dari cnnindonesia.com, Ia mengakui jika karirnya sekarang sebagai animator adalah bentuk simulasi yang dilakukan oleh Ayahnya dalam level selanjutnya.

“Bisa dibilang, karier saya adalah bentuk simulasi apa yang dilakukan orang tua dalam level selanjutnya. Kami sekeluarga berdomisili di New York City. Saya masuk sebagai seniman animasi tradisional yang menggunakan pensil dan kertas untuk platform media sosial. Saat itu Vine,” ujar Pinot.

Baca juga Tips Bersaing di Industri Kreatif Global oleh Animator Internasional Pinot Wahyu Ichwandardi

Ciri khas yang unik pada karyanya sangat dibutuhkan untuk perkembangan dunia periklanan di dunia digital. Ia lebih memilih berkarir di Amerika karena perkembangan seni digital di Indonesia masih belum begitu jelas, khususnya dalam hal kreatifitas dan profit. Selain itu, Ia mengatakan bahwa tingkat apresiasi di Indonesia masih belum begitu layak. Padahal, hal tersebut bisa memacu untuk meningkatkan kreativitas sang animator.

“Pekerjaan dan industri seni digital belum mendapatkan apresiasi yang layak. Rumusan karya berkualitas dan profit belum ketemu, karena orientasinya lebih ke nilai ekonomi jangka pendek—yang tidak membuka celah untuk berinovasi. Begitu profitnya besar dan jelas, akan selalu berpegang pada hal tersebut, membuat sulit bergerak dan inovatif,” katanya.

Salah satu karya yang sangat terkenal dari Pinot adalah animasi koreografi “This Is America” dari Childish Gambino, seorang aktor dan penyanyi asal Amerika Serikat. Karya tersebut Ia abadikan di YouTube dan telah mendapatkan lebih dari 2 juta views.

Baca juga Roleplay Studio, Studio Animasi Mendunia dari Malang

Selain itu, Pinot juga berkesempatan untuk tampil dalam series Retro Tech bersama Youtuber ternama Amerika Marques Browniee atau biasa dikenal dengan sebutan MKBHD. Disana, Ia menceritakan pengalamannya selama berkarya menggunakan komputer Mac tahun 1980-an.

Kisah perjalanan karir Wahyu Ichwandardi bisa menjadi inspirasi bagi animator muda Indonesia untuk lebih berani berkarya di tingkat internasional. Jika industri kreatif di tanah air masih belum cukup mendukung, mulailah untuk mencari pekerjaan remote dari luar negeri atau bahkan merantau, agar bisa membuka pandangan lebih luas lagi.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Cerita Goresan Jadul Pinot di ‘Star Wars’ & ‘Stranger Things’

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button