Acara KreatifDesain ProdukDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifPelaku KreatifReview Startup

Startup4Industry 2020 Lahirkan Pemenang Penopang Industri

Indiekraf.com – Industri Kecil Menengah (IKM) saat ini harus menghadapi tantangan terutama pada masa pandemi. Salah satu hal yang menjadi ‘PR’ besar dari para pelaku IKM adalah transformasi bisnis ke arah digital. Untuk mencapai adanya keberhasilan era industri 4.0, Kemenperin melangsungkan ajang Startup4Industry 2020. Seperti apa keseruannya?

Ajang StartUp4Industry oleh Kemenperin
Sumber: Kemenperin.go.id

Kemenperin memanfaatkan ajang Startup4Industry 2020 ini sebagai salah satu langkah untuk membantu para pelaku IKM meningkatkan efisiensi dalam hal waktu, energi hingga biaya. Dengan digelarnya ajang ini, diharapkan agar IKM nantinya bisa memiliki daya saing tinggi hingga ke ranah internasional. Dalam kegiatan ini setidaknya ada 20 startup di Tanah Air yang terpilih menjadi finalis yang juga turut serta dalam ‘Expose Day’.

Gati Wibawaningsih selaku Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin memberikan keterangannya terkait ajang ini. “Expose Day merupakan ajang show off solusi teknologi karya startup Indonesia kepada masyarakat dan para pelaku industri sehingga tema kompetisi tahun 2020 yaitu Indonesia Percaya Diri Dengan Teknologi Dalam Negeri dapat terwujud,” jelas Gati pada Kamis (7/1/2021).

Tak hanya itu, Gati juga mengatakan bahwa Startup4Industry memilih lima pemenang yang dipertimbangkan melalui empat aspek. Empat aspek penting tersebut antara lain teknis, peluang bisnis, dampak inovasi, dan kelayakan implementasi. “Salah satu pemenang Startup4Industry 2020 adalah PT. Mokko Otomasi Indonesia, sebuah perusahaan di Gresik, Jawa Timur yang bergerak di bidang Automation, IT dan Sistem Kontrol di industri,” tambahnya.

Baca Juga Ini Strategi Sandiaga Uno Untuk Mememajukan Industri Kreatif Indonesia

 

M. Fajar Adiatmoko sebagai CEO PT. Mokko Otomasi Indonesia pun turut menyampaikan bahwa semakin berkembangnya sektor industri di Tanah Air, maka semakin banyak pula sistem otomasi dan conveyor yang bisa menunjang efisiensi dan efektifitas produksi tersebut. “Sistem otomasi bertujuan untuk menciptakan sistem kendali yang bekerja secara otomatis dalam menjalankan mesin dan peralatan untuk fasilitas dan pabrik produksi,” jelasnya.

PT. Mokko Otomasi Indonesia sendiri sudah berdiri sejak tahun 2016 silam dan bergerak di bidang industri manufaktur dan proses industri. Perusahaan ini juga memiliki banyak produk unggulan yang berbasis sistem otomasi seperti Programmable Logic Controller (PLC), Human Machine Interface (HMI), Servo Drive & Motor, Inverter (VFD), SCADA, dan Internet of Thinks (IoT).

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button