Desain ProdukDigital KreatifFotografiIndustri KreatifTak Berkategori

Tips dan Trik Foto Produk ala Low Budget

Di era sekarang banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berjualan. Beberapa orang menjual produknya dengan cara mulut ke mulut atau membuka sebuah toko. Tapi tak sedikit juga yang memilih berjualan online. Selain memanfaatkan teknologi yang sudah semakin canggih, banyak pula keuntungan yang didapatkan dengan berjualan via toko online maupun marketplace. Dengan berbaai cara dan tips, pada akhirnya orang banyak tergiur untuk beralih dari offline ke online. Pada saat pandemi seperti sekarang pun membuat para pedagang tergiring untuk berjualan secara daring. Namun, untuk bisa menarik minat pembeli ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, salah satunya foto produk.

 

Memfoto sebuah produk menjadi tantangan untuk para penjual, karena foto barang yang dijual harus bisa menggambarkan barang secara jelas. Selain itu, faktor estetika juga perlu diperhatikan untuk menambah nilai jual. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki pendanaan yang cukup untuk menyewa fotografer handal. Padahal, untuk menghasilkan foto produk yang baik, ternyata kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang terlampau tinggi. Kamu bisa mencobanya di rumah dengan tips dan trik di bawah ini.

 

1. Pilih Background yang Sesuai 

 

Untuk menonjolkan visual suatu produk, kamu bisa coba untuk menggunakan latar pengambilan foto berwarna polos seperti warna putih. Kamu bisa menggunakan latar berupa dinding ruangan atau sebuah karton polos. Tentunya, dengan latar tersebut kamu tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Jika kamu memiliki dana yang lebih, kamu bisa membeli mini studio untuk mendukung hasil foto yang baik. Selain itu, coba tambahkan hiasan seperti aksesoris yang sesuai maupun satu tema dengan produk yang kamu miliki. Dengan tambahan aksen – aksen tertentu saat proses pemotretan akan menambah estetika dari foto tersebut.

 

2. Gunakan Smartphone 

 

Kalau kamu tidak memiliki kamera, tidak usah berkecil hati. Fitur kamera yang dimiliki smartphone saat ini bisa membantu kamu untuk menghasilkan foto yang maksimal lho. Pastikan resolusi pengambilan gambar sudah tepat. Jangan lupa untuk mengambil foto dari berbagai sudut untuk menciptakan hasil yang bervariasi.

 

3. Manfaatkan Sumber Cahaya yang Baik

 

Sumber pencahayaan menjadi faktor yang sangat penting untuk menghasilkan foto yang bagus. Kamu bisa mencoba melakukan foto produk di luar rumah dengan bantuan sinar matahari. Karena, sinar matahari mampu menghasilkan cahaya yang lebih natural. Namun, jangan lupa untuk selalu berhati-hati dengan bayangan yang timbul jika melakukan pemotretan dengan bantuan cahaya natural. Kamu juga bisa menggunakan bantuan lampu seperti lampu tidur maupun lampu belajar. Tips lainnya, coba arahkan lampu ke arah samping produk yang ingin kamu potret agar bayangan yang tercipta tidak mengganggu hasil fotonya.

 

4. Percantik Hasil Foto dengan Pengeditan

 

Jika hasil foto kamu masih belum memuaskan, kamu bisa gunakan aplikasi edit foto. Aplikasi edit pun sekarang sudah banyak yang bisa kamu unduh di laptop maupun di handphone. Hal itu tentu memudahkan kita untuk bisa mengedit hasil foto dengan cepat. Dengan aplikasi edit, kamu bisa mengubah brightness, tone sampai menyesuaikan ukuran foto seperti yang kamu inginkan. 

 

Nah, itu tadi beberapa tips dan trik yang sangat mudah untuk kamu ikuti. Dan jangan lupa untuk terus mencoba jika hasil fotomu masih belum memuaskan. Karena, dengan terus mencoba akan mengasah kemampuan kamu dalam menghasilkan hasil potret yang cantik.

 

Baca juga artikel menarik lainnya di Indekraf ya!

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button