Digital KreatifIndustri KreatifPelaku KreatifTips Kreatif

Tips menjadi Freelancer Saat Masa Pandemi

Di tengah wabah virus yang menyerang negeri kita saat ini, ada banyak sektor yang tidak terhindar dari dampak pandemi ini. Tidak sedikit perusahaan pada akhirnya memilih untuk menerapkan anjuran pemerintah dengan melakukan social distancing sampai berlakunya Work From Home di Ibukota maupun di kota-kota lainnya. Dampak buruk juga mulai terasa di sektor bisnis maupun ekonomi kreatif. Pada akhirnya, saat ini banyak orang yang mulai mencari pekerjaan sambilan untuk menambah pemasukan. Salah satunya, menjadi seorang freelancer. 

Freelancer atau biasa disebut dengan pekerja lepas saat ini banyak diminati karena dapat menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan utama bagi beberapa orang. Selain itu, banyak pekerjaan dari seorang freelancer yang bisa dilakukan di luar kantor. Selain itu, pekerja lepas memiliki jam kerja yang umumnya cukup fleksibel. Meskipun dalam semua pekerjaan ada nilai plus dan minus nya, namun menjadi pekerja lepas tetap menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang paling disukai.

Untuk menjadi pekerja lepas tentunya seseorang perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa bidang pekerjaan yang bisa dilakoni. Kira – kira langkah apa sajakah yang bisa kamu lakukan untuk menjadi freelancer di saat pandemi? Yuk disimak!

  1. Mengetahui Skill Diri

Kamu perlu mencari tahu apa saja kelebihan pada dirimu dan kemampuan apa yang kamu kuasai. Dengan begitu, kamu memiliki kepercayaan diri yang lebih dalam hal tertentu sehingga mendorong kamu untuk mengasah kelebihanmu.  Selain itu, kamu bisa terbantu untuk mencari calon klien yang sesuai dengan skill yang kamu akan tawarkan.

2. Membuat Portofolio

Portofolio merupakan hal yang penting dalam memulai karir sebagai pekerja lepas. Buatlah situs yang memuat beberapa informasi mengenai hal – hal yang kamu kuasai, apa yang ingin kamu tawarkan. Cantumkan juga jika kamu memiliki riwayat pekerjaan, prestasi maupun testimonial dari pekerjaan sebelumnya. Hal ini bisa membantumu dalam melakukan self-branding.

3. Mendaftarkan Diri ke Platform Freelance

Kamu bisa mengunggah beberapa data ke sebuah platform pekerja lepas. Data yang bisa kamu cantumkan antara lain data diri, resume serta portofolio yang telah kamu siapkan. Lengkapi data diri kamu secara lengkap serta tulislah resume yang singkat dan jelas.

4. Membuat Template Proposal dan Kontra

Bagian ini bisa kamu lakukan untuk menunjukan kesiapan kamu sebagai pekerja lepas. Kamu bisa menuliskan dalam kontrak kerja berupa hak dan kewajiban apa saja yang akan kamu penuhi setelah penandatanganan kontrak.

5. Mencari Target Klien

Setelah menjalani langkah – langkah di atas, kamu bisa mulai mencari target klien yang akan kamu tuju. Tentunya, klien yang akan kamu tuju harus sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Kamu bisa mulai dari mencari klien di orang – orang terdekat atau mencari di platform untuk mencari pekerjaan.

Itu dia tips yang bisa kamu ikuti untuk menjadi pekerja lepas. Memang penghasilan dari pekerjaan sampingan bisa jadi tidak sebesar pekerjaan utama pada umumnya. Akan tetapi, dengan menjadi pekerja lepas pasti kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman terutama di masa yang memiliki banyak tantangan seperti sekarang. Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel – artikel bermanfaat lainnya di Indiekraf.com

 

 

 

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close