Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Tutup 2021, STASION Malang Gandeng 12 Lembaga Pendidikan

Indiekraf.com – Bisnis dengan model rintisan alias startup memang makin diminati, dan mulai menjadi kebutuhan dewasa ini. Situasi pandemi menjadi salah satu momentum kebangkitan industri startup digital. Sehingga ke depan diprediksi kebutuhan talenta digital startup akan semakin meningkat.

Hal inilah yang membuat Perkumpulan Startup Singo Edan (STASION) Malang berupaya untuk mengajak berbagai pihak di dunia pendidikan khususnya dalam berkolaborasi demi menciptakan SDM yang memiliki daya saing dan skill bisnis digital yang baik. Sehingga akan mudah terserap dunia industri startup pada khususnya.

Baca Juga:

Disampaikan Ketua STASION Malang, M Ziaelfikar Albaba bahwa saat ini upaya dari perkumpulannya dalam melakukan kolaborasi dengan dunia pendidikan mulai membuahkan hasil. Pada 2021 ini, setidaknya sudah ada 12 perguruan tinggi dan lembaga pendidikan yang sudah menjalin MOU dengan STASION Malang.

 “STASION sangat berkomitmen dalam kolaborasi multihelix untuk mendukung ekosistem digital kreatif salah satu stakeholder yang paling penting adalah dari akademisi / perguruan tinggi. alhamdulillah tahun 2021 STASION telah berkomitmen bersama 12 Perguruan Tinggi di Malang dan sekitarnya terkait pengembangan talent / SDM, Kurikulum, Program Internship, kuliah tamu, dan program lainnya,” ucap Fikar sapaan akrab M Ziaelfikar Albaba.

Beberapa kampus yang sudah menjalin kerjasama dengan STASION Malang, antara lain, Universitas Brawijaya, STIKI Malang, BINUS, ASIA, STMIK Prajna Paramita, UIN Malang,  Universitas Widya Gama, SMK Telkom Sidoarjo dan masih banyak yang lainnya.

Fikar dan anggota komunitas optimis bahwa kerjasama ini akan memberikan dampak yang positif bagi ekosistem industri digital kreatif di Malang pada khususnya, dan Jawa Timur pada umumnya.

“Harapannya Kolaborasi ini bisa menghasilkan impact yang lebih besar untuk ekosistem di Kota Malang dan sekitarnya. InsyaAllah awal tahun ini akan diagendakan gathering bersama para member stasion dan akademisi yang telah MOU dengan STASION untuk merumuskan take action dan program strategis bersama untuk menindaklanjuti MOU tersebut,” imbuh Fikar.

Langkah selanjutnya, STASION Malang akan merumuskan sejumlah program untuk bisa segera mengaktivasi berbagai MOU yang ada. Selain dengan lembaga pendidikan, pada 2021, STASION juga telah berkolaborasi dengan intansi pemerintah dan juga perbankan.

Related Articles