Digital Kreatif

TV Digital Akan Beroperasi Mulai 30 April, Ini Fakta yang Perlu Kamu Tahu!

Indiekraf.com – Beberapa waktu belakangan, banyak masyarakat yang membicarakan tentang TV Digital. Hal itu tak lain karena adanya peralihan yang akan sama-sama kita lakukan dari TV analog ke digital dalam waktu dekat. Meski begitu, ternyata banyak hal yang belum diketahui masyarakat tentang TV digital yang akan berlaku mulai 30 April mendatang. Kira-kira apa saja ya fakta tersebut? Simak artikelnya di bawah ini, ya!

TV Digital Akan Beroperasi Mulai 30 April, Ini Fakta yang Perlu Kamu Tahu!

Meski terbilang bukan hal baru, TV digital bisa menjadi hal yang asing untuk sebagian masyarakat. Hal ini bisa saja karena beberapa orang masih menggunakan televisi dengan jenis analog. Televisi jenis tersebut memang sudah menjadi hal lumrah karena memang sempat tren pada masanya. Meski begitu, kini kita semua harus mulai beralih ke TV digital.

Dikutip dari CNN Indonesia, sejak pengesahan UU Omnibuslaw, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sudah mulai menjelaskan tentang istilah Analog Switch Off (ASO). Hal yang kamu perlu ketahui sebelum beralih ke digital adalah pentingnya untuk tahu bahwa TV digital bukanlah layanan streaming. Mereka berbeda dengan layanan tersebut yang memakai internet atau tv kabel berlangganan

Fakta Lainnya yang Harus Kamu Tahu!

Jadi, sebenarnya TV digital ini bisa kamu akses dengan menggunakan TV analog lho. Fakta menarik, bukan? Tetapi, untuk melakukan hal tersebut kamu perlu menggunakan perangkat tambahan. Perangkat tersebut dikenal juga dengan nama Set Top Box atau STB. Perangkat teknologi ini akan membantu kamu dalam menyambungkan televisi analog agar bisa menangkap siaran televisi dengan basis digital.

Jadi, kamu bisa menggunakan tv analog yang sudah ada di rumah tanpa harus membeli tv digital yang baru. Selain itu, TV digital juga bisa diakses oleh para pengguna smart TV yang sudah didukung oleh Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation (DVB-T2). Perbedaan yang cukup mencolok dari layanan tersebut adalah kejernihan yang lebih tinggi hingga kualitas suara yang jauh lebih baik.

Gimana? Sudah tahu mau beralih ke TV digital pakai cara yang mana?

Baca Juga November Siaran TV Analog Bakal Off, Pemkot Malang Ajak Masyarakat Pindah Ke Televisi Digital

Related Articles