Acara KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

Wiih Ga Nyangka, Drama Musikal ‘Rara J’ Ternyata Syutingnya Cuma Pakai Smartphone Aja Lho!

Indiekraf.com – Pandemi COVID-19 yang tak terelakkan kehadirannya membuat ruang gerak kita menjadi terbatas. Namun, ternyata hal itu tak berlaku untuk beberapa orang lho. Salah satunya adalah Program #MusikalDiRumahAja. Kreatifitas yang begitu tinggi kini mereka hadirkan lewat Drama Musikal berjudul ‘Rara J’. Yang lebih unik lagi, mereka melakukan syuting drama ini hanya bermodalkan smartphone saja lho!

Program Musikal Di Rumah Aja merupakan kolaborasi antara BOOW Live dengan IndonesiaKarya.com. Pada pekan ini, mereka akan merilis musikal baru dengan judul ‘Rara J’. Musikal ini akan menjadi pertunjukan seni yang diadaptasi dari legenda Rara Jonggrang yang dikemas secara ‘kekinian’.

Cerita adaptasi ini diusung oleh Titien Wattimena dan bekerjasama dengan Teater Musikal Nusantara. Harapannya, cerita rakyat Roro Jonggrang bisa lebih dinikmati oleh generasi muda. Naya Anindita sebagai Sutradara dari episode musikal ini menjelaskan bahwa cerita legenda ini akan dikemas secara ringan dan lebih modern. 

Baca Juga Digital Nomads, Trend Bekerja Dari Mana Saja ala Millennials

“Kisah Rara J kali ini sangatlah menarik, karena proses syuting ini memanfaatkan teknologi yang dekat dengan genggaman kita sehari-hari” jelas Naya. Tak hanya itu, ada keunikan lain yang hadir pada musikal ini, yaitu proses syutingnya. ”Dan seluruh adegan pada proses syuting ini menggunakan Iphone,” tutur Naya.

Naya menjelaskan bahwa baginya berkarya tidak hanya melulu masalah alat, tapi terletak pada kemauan. Proses produksi dari musikal ini sendiri berlangsung sekitar 2 bulan. Hal itu mencakup mulai dari pengambilan gambar, mengedit dan proses lainnya.

‘Rara J’ kini menjadi cerita ke-3 yang telah ditayangkan oleh #MusikalDiRumahAja. Musikal ini akan mengangkat 6 cerita rakyat asal Indonesia dengan melibatkan 6 sutradara film, 6 sutradara teater, 6 sinematografi dan peran penting lainnya. Selain untuk melestarikan kebudayaan serta cerita legenda rakyat, musikal ini diharapkan bisa menarik minat masyarakat terhadap dunia seni peran terutama dunia teater.

Setelah Musikal Rara J, #MusikalDiRumahAja akan menayangkan cerita rakyat seperti Sangkuriang, Lutung Kasarung dan Bawang Merah Bawang Putih. Drama musikal ini pun bisa disaksikan di kanal YouTube IndonesiaKaya sampai 6 hari ke depan. Selamat menonton!

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close