Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Yahoo Answer ‘Tutup’ Selamanya Mulai Tanggal 4 Mei, Berikut Penjelasanya!

Indiekraf.com – Apakah kamu termasuk pengguna setia Yahoo Answer? Siapa sangka, ternyata salah satu platform ‘chatting’ terlama sepanjang sejarah internet tersebut harus tutup selamanya. Kira-kira, apa ya penyebabnya?

Pada tanggal 4 Mei 2021, Yahoo Answer sudah tidak akan beroperasi lagi selamanya. Pada hari itulah situs web ini akan mulai dialihkan ke beranda Yahoo, dan tampaknya semua arsip yang ada pada platform juga akan dihilangkan. Platform ini telah beroperasi sejak 2005, dan telah digunakan oleh jutaan orang di dunia.

Baca juga YouTube Originals Beberkan Rahasia Kesuksesan Musik Korea Melalui Serial K-Pop Evolution

Kejayaan Yahoo Answer terus memudar karena telah lahir banyak platform kompetitor seperti Reddit dan Quora. Belum lagi dengan adanya platform ‘chatting’ seperti Whatsapp, LINE, Telegram, dll yang berhasil membuat banyak orang tak lagi menggunakan Yahoo Answer.

Yahoo yang sekarang merupakan bagian dari Verizon Media Group telah mengumumkan keputusan penutupan tersebut di bagian atas beranda Yahoo Answer. Pesan tersebut tertaut ke FAQ yang menjelaskan lebih rinci mengenai keputusan tersebut. Disana juga dijelaskan bahwa mulai tanggal 20 April, platform ini tidak akan lagi menerima submissions baru.

Baca juga Bisakah YouTube Shorts Mengalahkan Popularitas TikTok?

Para pengguna Yahoo Answer yang masih aktif memiliki waktu hingga tanggal 30 Juni untuk meminta atau backup data mereka. Setelah tanggal itu, mereka tidak akan dapat lagi mengakses akun mereka.  Data yang bisa didapatkan antara lain adalah semua konten buatan pengguna termasuk daftar Pertanyaan, Pertanyaan, Daftar Jawaban, Jawaban, dan gambar apa pun. Akan tetapi, para pengguna tidak akan dapat mendownload konten, pertanyaan, atau jawaban dari pengguna lain.

Mungkin penutupan tersebut adalah yang terbaik, mengingat platform tersebut tampaknya dibanjiri oleh informasi hoax, khususnya yang berada di Amerika Seritak. Halaman beranda Yahoo Answer informasi yang sensitif di Amerika seperti “Akankah Amerika bertahan selama 4 tahun dari Joe Biden?” atau “Akankah musim panas ini menjadi rekor kerusuhan oleh BLM dan antifa?”. Dengan ditutupnya platform tersebut selamanya, semoga semua orang yang ‘tersesat’ di Yahoo Answer sekarang menemukan informasi yang mereka cari di tempat yang lebih kredibel.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Yahoo Answers will be shut down forever on May 4th

Related Articles