Digital KreatifIndustri Kreatif

Bisakah YouTube Shorts Mengalahkan Popularitas TikTok?

Indiekraf.com – YouTube baru-baru ini telah merilis layanan baru bernama YouTube Shorts. Ini adalah cara lain masyarakat untuk berkreasi di YouTube, tetapi kali ini, berfokus pada video pendek seperti TikTok. Lalu, apakah aplikasi baru ini bisa meredupkan popularitas TikTok kedepanya?

Cara masyarakat pada biasanya untuk membuat konten YouTube adalah dengan merekam menggunakan kamera dan mengedit hasil video tersebut sebelum menguploadnya. Meskipun dimungkinkan untuk merekam dan mengunggah secara langsung dengan di smartphone, namun itu jarang sekali dilakukan.

Baca juga YouTube Akan Segera Memotong Penghasilan Para YouTuber, Ini Alasanya

YouTube Shorts pada dasarnya adalah sebuah tanggapan dari Google untuk melawan kepopuleran TikTok dan Instagram Reels. Ide dari platform baru ini adalah para pengguna dapat dengan mudah dan cepat membuat video pendek berdurasi 15 detik dari aplikasi YouTube. Seperti TikTok dan Instagram Reels, ada beberapa alat pengeditan dan filters yang tersedia untuk dipilih. Pengguna dapat merangkai klip, menambahkan teks dan musik, menyesuaikan kecepatan pemutaran, dan banyak lagi.

YouTube Shorts juga menyediakan fitur penambahan musik atau efek suara yang bisa dimanfaatkan pengguna saat mengedit video pendek mereka. Selain itu, mereka juga bisa menambahkan text, kecepatan, hingga fitur timer. Dengan begitu, pengguna bisa menyalurkan kreatifitas mereka menjadi lebih maksimal dalam membuat video pendek.

Baca juga Apakah Membuat Konten Hasil Plagiat di YouTube Bisa Dipidana?

Pengalaman menonton video di YouTube Shorts sangat berbeda dengan YouTube pada umumnya. Karena sangat pendek, para pengguna dapat menonton lebih banyak video dalam satu waktu. Setelah pengguna membuka Short, video pendek aan mulai bermain satu demi satu. Mereka dapat menggeser secara vertikal dari satu video ke video berikutnya.

YouTube Shorts tentunya akan memberikan persaingan yang ketat pada pasar aplikasi video pendek. Para kompetitor seperti TikTok dan Instagram Reels harus lebih meningkatkan kreatifitas mereka, karena saat ini mereka akan bersaing dengan produk baru dari perusahaan teknologi terbesar nomor 3 di dunia, Google.

Referensi

[1] What Is YouTube Shorts, and Is It a True TikTok Competitor?

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button