Digital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

You and I: Film Dokumenter Terbaik Indonesia di Asia

Indiekraf.com – Lagi-lagi karya anak Bangsa kembali menjadi sorotan. Salah satu film dokumenter buatan Indonesia menjadi film dokumenter terbaik dari Indonesia di ranah Asia. Tayangan ini berjudul ‘You and I’. Bagaimana kisahnya dan bisa ditonton di mana, sih?

You and I: Film Dokumenter Terbaik Indonesia di Asia
Sumber : Instagram @bioskoponlineid

‘You and I’ Jadi Film Dokumenter Terbaik Indonesia di Asia

Film dokumenter asal Indonesia kembali mengharumkan nama Bangsa. ‘You and I’ yang merupakan film dokumenter asal Solo berhasil sukses di kancah internasional. Film ini berhasil sukses di Asia sebagai film dokumenter terbaik asal Tanah Air. Fanny Chotimah lah yang menjadi sosok dibalik kesuksesan ‘You and I’.

Dirinya mengabadikan kisah dua sahabat dengan kehidupan yang cukup rumit dalam sebuah dokumenter panjang. Dua sahabat bernama Kusdalini dan Kasimah digambarkan menjadi pemeran utama dalam cerita ini. Cerita yang berbeda dari dokumenter pada umumnya berhasil menarik perhatian pecinta film.

Cerita Kedua Peran Utama dalam Film ‘You and I’

Dua sahabat yaitu Kusdalini dan Kasimah ini membawa cerita yang tak biasa. Dalam film dokumenter ini digambarkan bahwa kisah mereka cukup pelik. Keduanya bertemu karena konflik politik yang terjadi pada tahun 1965 silam. Keduanya terpaksa dijebloskan ke penjara 50 tahun yang lalu tanpa pernah diadili. Hingga akhirnya keduanya menjadi mantan narapidana politik yang bertahan hidup dalam stigma masyarakat saat ini. 

Film dokumenter ini sendiri digarap oleh Fanny Chotimah selama kurang lebih hampir empat tahun. Di masa muda, kedua pemeran utama memang terkenal aktif dalam paduan suara organisasi Pemuda rakyat. 

Kisah dalam Film yang Pilu dan Berbeda dari Dokumenter Lain

Kisah yang cukup pilu mulai tergambar dari kehidupan Kaminah dan Kusdalini. Keluarga Kaminah ternyata menolak keberadaannya setelah ia keluar dari penjara. Stigma buruk yang melekat terhadap tahanan politik G30S/PKI ini membuat Kaminah harus tinggal dengan Kusdalini hingga akhir hayatnya.

Cerita ini pun berhasil merenggut hari penonton hingga menyabet penghargaan bergengsi. Film ‘You and I’ berhasil meraih penghargaan film dokumenter terbaik Asia di tahun 2020 lalu. Penghargaan ini mereka raih pada ajang Asian Competition of the 12th DMZ International. Film ini bisa kamu tonton di Bioskop Online, ya!

Baca Juga Tayang Perdana di Asia Tenggara, Film kOsOng Sukses Tampil di LP FIlm Festival

Related Articles