Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar Kreatif

YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike, Beneran Gak Sih?

Indiekraf.com – Baru-baru ini berita datang dari salah satu platform video di dunia, YouTube. Kabarnya, YouTube akan mengeluarkan fitur terbaru guna menyamankan pengguna maupun creator yang ada dalam platform ini. Rencananya, YouTube sembunyikan jumlah dislike pada video-video yang ada di sana. Kira-kira apa ya alasan YouTube melakukan hal ini?

YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike. Sudah Fix, kah?
Sumber : Twitter @YouTube

YouTube Sembunyikan Jumlah Dislike di Seluruh Video

YouTube Kembali hadir dengan terobosan baru. Aplikasi favorit sejuta umat untuk menikmati berbagai video ini rencananya akan menghapus atau menyembunyikan jumlah pada fitur dislike. Jumlah pada fitur dislike dalam sebuah video sendiri dinilai sebagai penanda jumlah penonton yang tidak menyukai konten yang disajikan oleh pembuatnya.

Perusahaan besar ini sebenarnya baru berencana untuk melakukan hal ini. Mereka juga menganggap bahwa hal ini merupakan bentuk ‘eksperimen kecil’. Dengan satu langkah yang YouTube lakukan seperti menyembunyikan jumlah dislike ini pasti bisa menimbulkan dampak yang tak kecil.

Tidak Menyembunyikan Fitur ‘Dislike’

Meskipun YouTube sedang mengubah jumlah fitur dislike agar tidak terlihat, fitur dislike sendiri masih ada lho. Keberadaan tombol bersimbol jempol ke bawah ini masih ‘nangkring’ di setiap video yang ada di YouTube. Namun, hanya jumlahnya saja yang disembunyikan atau invisible bagi para pengguna.

YouTube sendiri juga tengah menjelaskan hal ini di community forum post. Mereka menjelaskan bahwa disembunyikannya fitur dislike tak bermaksud untuk menghilangkan kemampuan para penggunanya untuk ‘tidak menyukai’ sebuah video. Maka dari itu, tombol dislike masih ada di semua video dan hanya jumlahnya saja yang disembunyikan.

Jumlah Dislike Masih Bisa Terlihat Hanya oleh Beberapa Orang Saja

Dengan dihapusnya atau disembunyikannya jumlah dislike pada sebuah video, tentu berpengaruh besar pada platform ini. Tapi, ternyata jumlah tersebut masih bisa dilihat oleh beberapa orang lho. Melalui keterangan resmi YouTube di Twitter resmi mereka, @YouTube, pernyataan tersebut dituliskan. Para content creator lah yang nantinya akan bisa melihat dan mengakses jumlah like maupun dislike dalam suatu vido.

Hal serupa pernah juga dilakukan oleh media sosial lain yaitu Instagram. Akan tetapi, pada platform  Instagram justru jumlah likes lah yang disembunyikan. Para kreator konten di YouTube akan bisa mengakses jumlah suka maupun tak suka dalam sebuah video lewat YouTube Studio.

Jadi, gimana menurut kamu dengan terobosan baru dari YouTube ini?

Baca Juga YouTube Studio Luncurkan Fitur Check , Apa Fungsinya?

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button