Desain ProdukFesyenIndustri KreatifKabar Kreatif

100% Buatan Indonesia, Sepatu Niluh Djelantik Digemari Selebriti Dunia

Indiekraf.com – Brand sepatu lokal dengan merk bernama Niluh Djelantik sukses merambah pasar internasional. Karya sepatu anak bangsa tersebut bahkan pernah dipakai oleh selebritis internasional seperti Paris Hilton, Uma Thurman, dan Tara Reid. Hal ini membuktikan bahwa produk sepatu asal Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus dan bisa bersaing dengan brand internasional dengan nama besar lain.

Sesuai dengan namanya, brand sepatu lokal ini didirikan langsung oleh Niluh Putu Ary Pertami Djelantik, seorang pengusaha sekaligus perancang sepatu yang berasal dari Bali. Dikutip dari kenangan.com, inspirasi Niluh saat membuat karyanya berasal darimana saja, mulai dari saat membaca buku desain arsitektur, majalah fesyen, ataupun ketika berdiskusi dengan para pengerajin sepatunya di gudang kerja Niluh Djelantik. Setelah mendapatkan ide, Ia biasanya akan langsung mendiskusikan ide tersebut kepada para pengerajinnya. Selanjutnya, ide tersebut nantinya akan diterjemahkan menjadi sepasang alas kaki yang indah.

Baca juga Bukan Rolex! Tapi 5 Jam Tangan Buatan Indonesia Ini Tak Kalah Mewahnya

Kesuksesan sepatu karyanya telah terlihat sejak awal tahun 2000-an. Koleksi sepatu pertama Niluh bahkan laris manis di Perancis hingga kebanjiran pesanan sampai 4.000 pasang sepatu. Saat ini, brand sepatu miliknya telah diekspor ke kurang lebih 20 negara yang ada di dunia. Niluh pernah mendapatkan penghargaan sebagai Best Fashion Brand & Designer The Yak Awards pada tahun 2010. Penghargaan ini berkat konsistensi dan kerja kerasnya di industri fesyen sepatu. Ia juga pernah dinominasikan oleh Ernst & Young dalam ajang Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women 2012 Awards.

Produk sepatu lokal kebanggan Indonesia (Foto via www.niluhdjelantik.com)
Produk sepatu lokal kebanggan Indonesia (Foto via www.niluhdjelantik.com)

Pada tahun 2007, Ia pernah ditawari dari agen Perancis dan Australia untuk memperluas jangkauan pasarnya, namun dengan syarat Niluh Djelantik harus diproduksi secara massal di China. Namun, dengan tegas Ia menolak tawaran tersebut karena Niluh tak ingin sepatu yang memiliki ciri khas dibuat langsung dengan tangan pengerajinya digantikan oleh mesin.

Brand Niluh Djelantik adalah brand yang fokus untuk memproduksi sepatu mewah dengan pasar kalangan menengah atas. Mereka merupakan spesialis high heels dengan tinggi antara 4 sampai 15 centimeter yang bisa digunakan secara nyaman selama berjam-jam.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Niluh Djelantik

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button