Industri KreatifTips Kreatif

Cara Mudah Bagi UMKM Mengelola Media Sosial

 

Indiekraf.com – Tidak bisa dipungkiri, saat ini media sosial sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Bukan sekedar bersenang – senang namun juga bisa menjadi sarana pemasaran murah dan mudah.

Namun sebenarnya untuk bisa mengelola media sosial dengan intens untuk kepentingan pemasaran,  juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak persiapan dan usaha yang harus dilakukan.

Nah, kadangkala hal tersebutlah yang sulit dilakukan oleh rekan  – rekan pelaku UMM alias small bussines. Sulit bukan karena mereka tidak bisa, namun memang mereka sulit untuk membagi waktu, tenaga dan pikiran. Antara memikirkan produksi dan manajemen, serta pemasaran melalui media sosial.

Oleh karena itu, kali ini Indiekraf.com akan berbagi tips mudah mengelola media sosial bagi UMKM dan para pelaku industri kreatif . Hmm seperti apa saja ya, yuk kita simak bersama:

SIMAK JUGA:

1.Menyiapkan kalender konten

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam mudah mengelola medsos bagi UMKM adalah, denggan menyiapkan kalender konten.

Kalender konten adalah, jadwal konten – konten apa saja yang ingin anda bagikan di media sosial. Buatlah kalender konten untuk jangka waktu satu bulan (30 hari).

Anda bisa membuat konten harian, atau juga per dua hari, atau juga tiga hari sekali. Terpenting adalah, anda selalu konsisten dalam mengunggah konten di media sosial secara terjadwal.

Lalu apa saja yang perlu dipublikasikan dalam kalender konten tersebut?

Sejatinya segala hal dan juga ide yang anda miliki terkait dengan produk bisa anda jadikan konten. Namun Indiekraf punya skema yang bisa anda adaptasi. Yaitu 30% promosi, 30% pengetahuan produk dan 40% informasi.

Karena akun medsos yang hanya melulu menampilkan promosi relatif lebih tidak disukai. Sehingga anda bisa menampilkan ragam informasi yang berbeda di sana, agar follower tidak bosan.

2.Siapkan Tools yang tepat

Setelah anda menyiapkan kalender konten dan memiliki daftar konten yang akan dipublikasikan, kini saatnya anda memproduksi konten tersebut.

Untuk bisa memproduksi secara mudah dan praktis, anda akan memerlukan beberapa tools (alat/ aplikasi). Diantaranya ada:

Canva (membantu anda memproduksi konten poster dan video pendek dengan mudah)

– VN/ Capcut ( untuk memproduksi konten video  – video pendek untuk reels IG atau TikTok)

– Facecook Creator Studio / Bussines Suite (akan membuat anda lebih mudah menjadwalkan dan mempublikasi konten di Facebook dan juga Instagram)

3.Sediakan waktu khusus minimal  sehari dalam sepekan

Karena anda sekarang sudah punya kalender konten dan juga bagaimana bisa menjadwalkan konten dalam satu aplikasi (tools), tentu kini tugas anda para pelaku UMKM dalam memproduksi serta mempublikasikan konten akan lebih ringan.

Sekarang, tinggal anda menyediakan waktu minimal satu hari dalam seminggu, untuk memproduksi serta menjadwalkan konten – konten tersebut.

Setidaknya dalam sehari, anda bisa memproduksi dan menempatkan konten – konten untuk sepekan ke depan. Dan pola inilah yang harus anda lakukan secara terus menerus.

 

 

Dengan tips – tips di atas, semiga anda pelaku UMKM dan small bussines yang selama ini merasa kesulitan mencari waktu dalam melakukan pengelolaan media sosial bisa terbantu. Sehingga harapannya, bisnis anda secara digital juga bisa berjalan dengan baik.

 

Related Articles