Acara KreatifIndustri KreatifKabar KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

3 Festival Seni Tanah Air Ini, Siap Memuaskan Dahaga Jiwa Seni Mu

Indiekraf.com – Indonesia memang terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya. Bagaimana tidak? Beragam suku, kebudayaan hingga kesenian rasanya semua sudah ada di tanah air. Di era modern seperti sekarang pun ada banyak sekali festival atau pameran sebagai salah satu ajang ‘melestarikan’ karya – karya anak bangsa. Salah satunya adalah dengan diberlangsungkannya festival seni di tanah air.

Sebagai informasi untuk kamu, ini dia 3 festival seni yang terkenal di Indonesia!

ARTJOG

Kota Yogyakarta tampaknya sudah sangat dikenal sebagai salah satu kota tempat berkumpulnya para seniman. Di kota ini pula terdapat acara bergengsi yang bernama ARTJOG. Pelaku kreatif sudah banyak yang berkontribusi dan mensukseskan acara ini. Tak hanya masyarakat yang mendukung, bahkan acara ini menjadi wadah untuk para komunitas dan pelaku seni untuk saling mendukung karya satu sama lain. 

Sumber : Instagram @artjog.id

Di tengah pandemi, acara yang telah diselenggarakan sejak tahun 2008 ini terpaksa menunda penyelenggaraannya. Sebetulnya, pada awal 2020 kemarin tepatnya bulan Februari, ARTJOG telah meluncurkan penyelenggaraannya dengan tema Time (to) Wonder. Festival ini pun direncanakan akan berlangsung di bulan Juli kemarin hingga Agustus 2020. 

Namun, di tahun ini pihak mereka tetap berusaha untuk memamerkan karya seni dari para seniman secara online. Rencananya ARTJOG akan tetap menyelenggarakan edisi khusus ini dengan tajuk ARTJOG: RESILIENCE pada 8 Agustus hingga 10 Oktober 2020 mendatang.

Baca Juga BTS Masuk Line-Up iHeartRadio Music Festival 2020

Bandung Contemporary Arts

Sumber : https://www.facebook.com/bandungcontemporaryartawards/

Acara ini merupakan salah satu ajang yang tak hanya memfasilitasi para seniman untuk memamerkan karyanya, tapi juga menjadikannya sebagai kompetisi. Kompetisi ini pun ditujukan untuk karya seni kontemporer. Kini mereka menyebut ajang ini sebagai Bandung Contemporary Arts Award (BaCAA). BaCAA dinilai dapat memberikan penghargaan kepada seniman muda INdonesia. Penghargaan ini pun dirayakan setiap dua tahunan di kota Bandung.

Festival Mbois

Festival Mbois merupakan salah satu festival kolaborasi industri kreatif yang paling besar di Jawa Timur. Festival ini diinisiasi oleh salah satu komunitas di Malang yang bernama Malang Creative Fusion. Di tahun 2019 silam, mereka telah menyelenggarakan Festival Mbois 4 dimana acara tersebut adalah kolaborasi dari seluruh stakeholder ekonomi kreatif. 

Sumber : Instagram @festivalmbois

Pihak yang terkait juga mengharapkan agar ajang ini bisa melahirkan entrepreneur atau ‘jagoan’ baru di industri kreatif, khususnya di Bumi Arema ini. Salah satu rangkaian acara pada festival ini adalah ‘MBOISARTWEEK’. Di tahun ini, Festival Mbois 5 dengan tajuk ‘Kolaborasi Raya Indonesia’ akan diselenggarakan tanggal 27 Agustus hingga 16 September mendatang.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button