Acara KreatifDesain ProdukIndustri Kreatif

3 Mahasiswa Teknik Pengairan Kampus di Malang Ini Ciptakan Inovasi Botol Penjernih AIr

Indiekraf.com-Tiga mahasiswa Prodi Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yakni Sekar, Garda Satria Pinayungan serta endru Hakkun Nurrahman mampu membuat inovasi yakni  membuat botol penjernih yang bisa dipakai saat melakukan perjalanan.

Botol  penjernih itu diberi nama W Health Bottle, inovasi tersebut  berawal dari pengalaman pribadi, yang sering keluar bepergian dengan menggunakan botol minuman. Sejatinya botol penjernih itu sudah ada di pasaran, namun karena kebanyakan botol tersebut barang import, maka harga jualnya tergolong tinggi.

Saat ini botol tersebut sedang diuji lab kan di Purwokerto, karena salah seorang mahasiswa pembuat inovasi itu berasal dari Porwokerto.

Baca juga:

“Saat ini sedang diuji lab-kan di Purwokerto dekat rumah tinggal saya,” jelas Sekar Salsabila ketua tim dilansir dari suryamalang.com.

Ditambahkan Sekar, jika hasil uji lab baik, maka timnya berharap ada mitra yang bisa memproduksi desain botol penjernih air yang dilengkapi filter. Untuk kepentingan kegiatan PKM, mereka membeli botol stainles yang ada di pasaran.

“Kalau bikin sendiri, mahal,” tambah Sekar.

Keunggulan botol yang diberi nama W Health Bottle ini dilengkapi dengan filter tambahan yang dapat menyulap air sungai menjadi air siap minum. Selain itu, desain botol yang nyaman juga cocok untuk dibawa kemana saja, harga juga lebih murah dan kualitas juga tak kalah dengan botol lain yang ada di pasaran.

Selain itu, filternya mudah diganti dan operasional dan pemeliharaan botol yang relatif mudah. Filter yang digunakan berbentuk tabung dengan diameter 4,2 cm dan tinggi 3 cm. Bahan yang digunakan yaitu pasir silika, karbon aktif, zeolit, dan kain nilon.

Baca juga:

Setiap bahan memiliki perannya masing-masing. Seperti pasir silika yang dapat menurunkan suspended solid dalam air, karbon aktif dapat mengurangi warna pada air dan menghilangkan toksitas pada air.

Sedang zeolit dapat menurunkan kekeruhan warna pada air, dan saringan nilon dapat menyaring partikel yang cukup besar.

Sekar berharap inovasi ini mampu menjadi solusi yang cukup efektif khususnya penyediaan air bersih bagi para traveller, maupun bagi masyarakat pada umumnya.

“Semoga botol ini dapat menjadi solusi dalam menyediakan air bersih bagi traveller pada khususnya maupun masyarakat pada umumnya.” Pungkas Sekar.

.

Related Articles