Aplikasi Digital dan GameDesain ProdukIndustri KreatifTak BerkategoriTips Kreatif

3 Tools Gratis Untuk Desain User Interface

Pada saat kita membuka sebuah situs maupun aplikasi mobile, beberapa elemen salah satunya visual pasti menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Tampilan awal yang biasa kita lihat tersebut didesain menggunakan tools oleh para User Interface (UI). UI bertanggung jawab sebagai penghubung informasi antara program dengan user agar dapat berinteraksi satu sama lain. Dalam beberapa tahun terakhir, pekerjaan sebagai UI banyak digandrungi oleh masyarakat terutama para milenial. Pasalnya, UI tidak hanya bekerja sebagai penghubung informasi tapi juga sebagai faktor peningkat branding dari suatu bisnis.

Sebuah produk yang memiliki tampilan UI perlu dirancang sedemikian rupa dan memperhatikan beberapa aspek. Aspek tersebut antara lain layout, logo, warna yang ditampilkan, typography, hingga aspek lain yang menunjang estetika pada produk. Selain harus memiliki tampilan yang bagus, tampilan UI juga perlu disesuaikan dengan kenyamanan dan kemudahan user dalam menggunakan produk. Jika tertarik untuk mempelajari bidang UI, kamu bisa mengakses beberapa tools atau aplikasi berikut secara gratis.

 

  1. Adobe XD

Pertama, kamu bisa mencoba mengakses Adobe XD. Aplikasi ini merupakan alat bantu yang wajib dimiliki oleh para desainer UI. Aplikasi ini adalah alat untuk mendesain beberapa vektor dalam bidang user experience yang bisa diterapkan di sebuah situs maupun aplikasi mobile. Saat ini Adobe XD telah tersedia di Apple Store maupun Google Play Store. 

2. InVision App

Alat bantu kedua adalah InVisionApp. InVisionApp merupakan platform yang dapat membantumu melakukan proses mendesain hingga prototyping dengan berkolaborasi antar sesama desainer. Dalam platform ini kamu juga bisa merancang mockup interaktif lho. Di dalamnya juga dilengkapi dengan fitur design sharing, user testing hingga manajemen proyek untuk desainer. Cukup lengkap bukan!

3. Maze.Design 

Ketiga, kamu dapat mengakses Maze.design sebagai pilihan lain. Maze.design merupakan platform yang bisa membantu kamu melakukan user testing. Hal itu bertujuan untuk menguji prototype sebuah web ataupun aplikasi dalam bentuk tampilan tertentu. Sehingga, hasil rancangan UI dapat langsung dites melalui platform ini. 

Ketiga pilihan aplikasi dan platform yang ada di atas dapat kamu akses secara gratis, lho. Kalau kamu adalah salah satu yang tertarik dengan bidang User Interface, kamu bisa langsung mencoba salah satu tools di atas. Selamat mencoba!

Baca juga artikel bermanfaat lainnya di Indiekraf.com ya!

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button