Desain ProdukIndustri KreatifKriyaPelaku KreatifSeni Rupa

4 Dekade Sepak Terjang Ghea Panggabean, Tokoh Fashion dan Budaya Indonesia

Indiekraf.com – Sosok Ghea Panggabean tentu tak bisa dipisahkan dengan dua kata yaitu budaya dan fesyen. Sepak terjang Ghea yang sudah mencapai tahun ke 40 membuat desainer kenamaan ini menuliskan perjalanan karyanya ke dalam sebuah buku. Buku tersebut berjudul “Asian Bohemian Chic-Indonesian Heritage Becomes Fashion”.

Karya buku ini dibuat bersama dengan penerbit internasional yang berpusat di New York, Amerika Serikat yaitu Rizzoli-Milan. Ghea memang tumbuh dengan latar budaya yang tak sama. Akan tetapi, hal ini malah membuat dirinya tak lupa dengan Indonesia dan budayanya. Setelah menyelesaikan studinya pada tahun 1980 di London, Inggris, Ghea kembali ke Indonesia untuk memulai perjalanan karirnya sebagai perancang mode. Sejak itulah ia mulai menyukai kain Indonesia dan memutuskan untuk mengangkat kain serta budaya Tanah Air sebagai karakter dari rancangannya. Semenjak itu, karya yang ia bawa selalu melekat dengan motif dan seni khas Indonesia hingga saat ini. 

Baca Juga Keren! Kain asal Indonesia dipakai DIOR di Paris Fashion Week

Kisah Inspiratif dari Anne Avantie, Tokoh Fesyen asal Indonesia

Buku yang ia buat ini merepresentasikan cerita dan perjalanan karyanya yang banyak melibatkan budaya Indonesia hingga menginfusi sejarah fashion Tanah Air. Ia juga mengangkat transformasi budaya tradisional ke dalam desain modern yang ia rancang. Seluruh cerita ini akan terangkum dalam 320 halaman. Dalam buku ini, penggemar bisa mengenang kembali karya Ghea dari masa ke masa, mulai dari ceritanya dalam koleksi pertama yang mengangkat kain lurik, perjalanan mengeksplor dan mempelajari tekstil khas nusantara, hingga inovasi dalam mengolah berbagai kain yang menjadi ciri khasnya.

Hingga kini, Ghea juga dijuluki sebagai ‘Ratu Jumputan’, dimana ia juga berhasil mengangkat kain tradisional ke dalam karya fesyen yang sangat wearable dan bergaya modern. Bukan hanya dari segi motif, setiap karya yang ia hasilkan pasti memiliki makna dan kisah dibaliknya. Dengan diluncurkannya buku “Asian Bohemian Chic-Indonesian Heritage Becomes Fashion”, Ghea berharap bisa menginspirasi dan memberi wawasan baru kepada para insan kreatif dan pecinta fashion

Related Articles