Industri KreatifTips Kreatif

4 Peluang Usaha Kecil Yang Bisa Dilakukan Di Tengah Pandemi Covid-19 Biar Tidak Bosan

Indiekraf.com– Masa pandemi covid-19 yang tidak bisa diprediksi kapan akan berakhir membuat seluruh sektor kehidupan di masyarakat, banyak perusahaan mengurangi karyawannya. Namun jika kita berpikir positif ditengah kondisi pandemi ini ada peluang usaha yang bisa kita lakukan agar kita tetap produktifitas menghasilkan. Apa saja itu, berikut 4 peluang usaha kecil yang bisa dilakukan versi indiekraf.com.

1.Usaha Makanan dan Minuman

ig @riderkulineran

Usaha ini sebenarnya tidak akan pernah “mati”, karena pada dasarnya setiap manusia pasti membutuhkan makandan minum setiap hari. Banyak sekali peluang makanan yang bisa dijual, mulai nasi lalapan, rice bowl, kue kering,ataupun kue basah, dan masih banyak variasi lainnya. Minuman pundemikian, banyak variasi yang bisa dijual, mulai kopi,jus, es buah dan beberapa varian menu minuman lainnya.

Baca juga :

Semuanya bisa dilakukan dengan cara kreatif masing masing personal,dan tentunya harga jual yang masuk akal.

  1. Usaha Tanaman

Berkebun menjadi andalan masyarakat dikala pandemi melanda, banyak sekali masyarakat Indonesia menggilai kegiatan berkebun dan bercocok tanam, hal itu dikarenakan pemerintah menghimbau agar warga tetap beraktifitas di sekitaran rumah agar terhindar dari bahayapenyebaran virus korona.

Baca juga :

Tanaman menjadi peluang usaha yang bisa diandalkan saat ini. Beberapa tanaman hias daun, sedang menjadi primadona di kalangan pecinta tumbuhan. Mulai dari croton, pothos, philodendron, monstera, sampai janda bolong yang sempat berharga jutaan.

Tak hanya menjual tanaman, namun beragam aksesoris untuk berkebun juga bisa dijadikan peluang usaha. Seperti sekop, sarung tangan, cangkul, garpu tanah,gunting tanaman, pot dan masih ada beberapa varian lainnya.

3.Barang bekas

foto: hellosehat.com

Satu lagi usaha yang bisa dilakukan adalah jual barang bekas. Barang bekas di rumah sejatinya banyak yang tidak terpakai, namun masih layak jual. Beberapa barang bekas seperti  pakaian, perabot rumah tangga, aksesoris motor atau mobil bisa menjadi alternatif untuk dijual. Tentunya untuk menjual barangbekas di rumah harus sepengetahuan orangtua, istri atau anak,agar kedepannya tidak terjadi perselisihan.

Bisa jadi dengan menjual barang bekas yang masih layak pakaian mampu menghasilkan “cuan” alias keuntungan yang menarik.

  1. Alat Olahraga
foto: tazvita.com

Pandemi membuat setiap warga menjadi jenuh, banyak orang mengobatinya dengan cara olahraga, hal itu dilakukan agar imun tubuh tetap terjaga dengan baik. Melalui olahraga, juga bisa dijadikan peluang usaha yakni dengan menjual alat olahraga.

Baca juga :

Beberapa olahraga yang cukup populer di tengah pandemi yakni bulutangkis, sepakbola, futsal, memancing, dan juga fitness. Dari beberapa olahraga tersebut, mungkin bisa kalian jadikan patokan alat olahraga apa yang bisa dijadikan usaha.

Dari 4 tips yang ada diatas mungkin masih banyak contoh lainnya, namun kembali lagi kepada masyarakat bahwa pandemi covid-19 mampu menciptakan peluang usaha yang lain yang tentunya lebih menarik.

Related Articles