Industri KreatifInsightKuliner

4 Rekomendasi Olahan Ketupat Untuk Hari Raya Idul Fitri

Kreasikan menu ketupat kamu menjadi lebih kreatif

Indiekraf.com – Salah satu menu spesial yang selalu disajikan saat Hari Raya Idul Fitri adalah ketupat. Olahan dari beras tersebut berhasil menjadi sebuah budaya hingga menjadi ciri khas makanan saat lebaran.

Ketupat biasa disajikan dengan menu pendamping bersantan seperti opor ayam atau gulai kambing. Namun, jika kamu bosan mengonsumsi menu tersebut, kamu bisa lho menkreasikan ketupat kamu menjadi makanan yang lebih bervariasi. Apa saja ya kira-kira menu yang bisa kita buat? Berikut adalah 4 jenis olahan yang bisa kamu buat:

Ketupat Sayur Padang

Menu olahan ini merupakan salah satu hidangan dari Minang yang sering disajikan saat suasana lebaran. Racikan khas dengan gulai nangka ini memberikan ketupat sayur padang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Menu ini juga identik dengan adanya kerupuk merah yang ditaburkan diatasnya.

Ketupat Sayur Betawi

Dilihat dari namanya, menu ini sangat identik dengan budaya betawi. Kuah santan yang disajikan memiliki ciri sangat kental. Biasa disajikan dengan sayur godok yang berisikan beberapa macam sayuran dan juga semur daging.

Ketupat Kandangan

Dikutip dari wikipedia.org, ketupat kandangan merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Hal yang menjadikannya khas adalah penggunaan ikan gabus (haruan) sebagai menu pelengkap. Ikan gabus diolah dengan cara dipanggang lebih dulu sebelum dimasak menggunakan santan. Kemudian, ikan gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat.

Ketupat Sayur

Ketupat sayut atau lontong sayur juga bisa menjadi menu andalan yang bisa kamu buat di hari lebaran nanti. Menu ini biasa disajikan dalam kuah santan dengan irisan labu siam, tempe, tahu, telur rebus, sambal, dan kerupuk. Cocok sebagai menu sarapan selain bubur ayam.

Bagaimana, apakah kamu sudah mendapatkan inspirasi menu untuk hari raya nanti? Memang lebaran tahun ini bisa dibilang sangat berat karena kita dihimbau untuk dirumah saja dan sebagian orang tidak bisa mudik ke kampung halaman karena pandemi covid-19. Namun, jangan sampai semangat dan kebahagiaan kita luntur untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri nanti ya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Louis Vuitton Melebarkan Bisnisnya ke Dunia Kuliner, Apa Lagi Ini?
5 Mie Kekinian di Kota Malang yang Wajib Kamu Coba, Nomor 3 Bikin Ngiler!

Related Articles