Acara KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifInsightKabar KreatifMbois MediaTips Kreatif

4 Tips Untuk Membangun Bisnis di Bidang Animasi

Indiekraf.com – Industri kreatif di bidang animasi saat ini sedang berkembang dengan cepat. Hal ini dikarenakan era yang sudah serba digital. Bahkan hampir semua bidang pekerjaan yang ada pada saat ini membutuhkan dukungan visual untuk membuatnya sukses seperti iklan, presentasi produk, media promosi, dll. Oleh karena itu, bisa dibilang saat ini adalah waktu yang tepat untuk membangun bisnis di bidang animasi.

Melihat potensi tersebut, DILo Malang menggelar event DILo Malang A Conference dengan tema “Build An Animation Business(Studio x IP)” untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana membangun bisnis di bidang animasi. Event yang diselenggarakan secara online pada hari Senin (19/10) tersebut menghadirkan Deni Prasetyo, Co.Founder & COO Roleplay Studio, salah satu studio animasi yang ada di Kota Malang.

Baca juga Roleplay Studio, Studio Animasi Mendunia dari Malang

Dalam event tersebut, Deni memberikan sharing tentang pengalamanya membangun sebuah industri animasi. Pria lulusan Universitas Negeri Malang ini telah memiliki jam terbang yang cukup tinggi di bidang animasi. Bahkan Ia pernah mengerjakan proyek dengan nilai miliaran rupiah. Sebagai upoya untuk membantu meningkatkan kualitas dan potensi calon animator baru di Malang, Deni memberikan 4 tips penting yang harus kamu perhatikan sebelum kamu membangun studio animasi.

Pertama, cari tahu terlebih dahulu bagaimana industri animasi bekerja. “Kalian bisa coba kerja di industrinya terlebih dahulu, cari tau bagaimana industrinya berjalan, dan cari mentor,” ujar. Khususnya, pelajari bagaimana manajemen di industri itu bekerja seperti cara pengelolaan, SOP, cara mencari client, cara menghadapi client, membuat timeline, dsb.

Kedua, buatlah portfolio. Hal ini sangat berguna untuk menarik perhatian first client kamu. Selain itu, kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam lomba menggunakan portfolio tersebut. Jika berhasil menjadi juara, kamu bisa memanfaatkan hadiahnya untuk membeli peralatan pendukung seperti laptop atau PC.

Baca juga Tips Bersaing di Industri Kreatif Global oleh Animator Internasional, “Pinot” Wahyu Ichwandardi

Ketiga, bergabunglah dengan komunitas terkait bidang animasi. Salah satu tujuan bergabung dengan komunitas adalah untuk mendapatkan relasi yang kuat. Dengan begitu akan membuka lebar sebuah koneksi baru yang mungkin saja bisa memperkenalkan kamu kepada client baru atau partner kerja baru kedepanya. Jika kamu berada di Malang, kamu bisa bergabung dengan Forum Animasi Malang (FAM).

Keempat, ciptakan bisnis model yang sesuai. Ketahui kelebihan dan kekurangan kamu. Sesuaikan dengan ‘resource’ yang kamu punya, jangan dipaksakan jika dirasa masih belum bisa meng-handle client besar. Deni juga memberikan pesan jika seluruh animator harus mengerti mengenai regulasi yang dibutuhkan untuk membangun sebuah studio digital, khususnya mengenai HAKI.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button