Kreatif Tourism

5 Pantai Eksotis Wajib Dikunjungi Di Malang

Ditulis oleh : Rossya Adha

Berbicara tentang wisata alam pantai, Malang tentu mempunyai wisata alam dengan sejuta keindahan pada setiap tempatnya. Bahkan wisata alam pantai layak disandingkan dengan beberapa wisata pantai yang ada di Bali. Berlokasi di Malang bagian Selatan. Kamu bisa menikmati indahnya pantai-pantai disana.

Berikut adalah 5 pantai di Malang yang wajib untuk dikunjungi :

  1. Pantai Tiga Warna

Sumber Foto : piknikasik.com

Mengawali pembahasan tentang pantai eksotis di Malang. Untuk yang satu ini jangan sampai terlewatkan. Berlokasi di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo, Malang Selatan terdiri pula dari Pantai Clungup, Gatra, serta Pantai Tiga Warna. Pantai tiga sangat wajib untuk dikunjungi oleh para pengunjung. Hanya dengan membayar tiket masuk pantai beserta donasi untuk 1 pohon bakau. Kelestarian Pantai Tiga Warna ini sangat dijaga kelestariannya, oleh karena itu sebelum dan sesudah para pengunjung akan dilakukan pendataan barang apa saja yang dibawa masuk ke lokasi pantai. Hal ini dikarenakan Pantai Tiga Warna merupakan kawasan konservasi bakau dan terumbu karang. Setelah sampai para pengunjung akan disuguhkan dengan warna air laut yang bergradasi biru dan hijau ditambah dengan putihnya pasir pantai menjadi alasan mengapa lokasi ini diberi nama “Pantai Tiga Warna”. Tidak cukup dari situ saja, para pengunjung dapat menikmati juga suasana pantai yang menyatu dengan alam. Karena, kawasan ini merupakan kawasan yang dilindungi, terdapat pembatasan jumlah pengunjung setiap harinya.

2. Pantai Balekambang

Sumber Foto : rekomendasi.org

Pantai kedua yang tidak kalah menariknya dari pantai-pantai yang lain adalah Pantai Balekambang. Belum lengkap rasanya apabila kamu seorang traveller, belum mengunjungi pantai yang dipenuhi dengan karang lautnya. Berlokasi di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, sekitar 70 kilometer dari arah selatan Kota Malang, Jawa Timur. Pantai Balekambang merupakan pantai yang landai dengan dipenuhi karang laur sepanjang sekitar 2 km dan lebar 200 kearah laut.

Merupakan salah satu pantai yang patut untuk dikunjungi disaat liburan dengan keindahan pantai yang sangat asri, bersih, juga terawat membuat para pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu mereka di pantai ini. Dengan pasir putih yang membentang sepanjang sekitar dua kilometer berpadu dengan ombak menjadikan pantai ini layak dijuluki Tanah Lot-nya Jawa. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang, pengunjung dapat menikmati berbagai macam fasilitas yang ditawarkan.

3. Pantai Sendang Biru 

Sumber Foto : piknikasik.com

Keindahan pantai lain yang wajib untuk dicoba adalah Pantai Sendang Biru. Berlokasi di Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dengan menempuh jarak sekitar 30 Km bagian selatan Malang, para pengunjung dapat menikmati indahnya pesona Pantai Sendang Biru. Untuk sampai ke Pantai Sendang Biru para pengunjung harus menyebrang ke pulau sempu. Uniknya lagi Pantai Sendang Biru tidak memiliki ombak yang terlalu besar seperti pantai laut selatan pada umumnya.

Terdapat alasan kenapa pantai ini diberi nama Sendang Biru, karena pada pantai ini terdapat sumber mata air yang selalu disebut sebagai sendang dan memiliki warna biru. Pantai ini juga dikanal dengan tempat pendaratan dan tempat lelang ikan di Malang.

Banyak fasilitas yang ditawarkan untuk para pengunjung seperti penginapan, rumah, guest house, dan persewaan perahu.

4. Pantai Gua Cina

sumber foto : hariesdesign.com

Terdapat sebuah Gua unik yang menjadi daya tarik tersendiri. Pantai Gua Cina wajib untuk di kunjungi. Bahkan menurut cerita masyarakat setempat adalah gua yang berada di bukit pinggir pantai digunakan oleh seorang Pertapa China untuk bersemedi hingga akhirnya meninggal dunia. Berlokasi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumberwanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan.

Dengan warna air laut yang jernih dan bersih dipadukan dengan pasir putih yang bersih membuat pantai ini ramai dikunjungi. Terdapat juga berbagai pohon seperti cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di sekitar pinggir pantai. Dengan tiket masuk yang murah para pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Gua Cina.

5. Pantai Kondang Merak 

sumber foto : www.tripjalanjalan.com

Merasakan kehalusan pasir pantai yang halus menjadi kesenangan tersendiri untuk para penikmat wisata alam pantai. Pantai Kondang Merak menjadi pantai yang masih alami. Berlokasi di Kecamatan Bantur dengan sekitar 64 km dari Kota Malang dan juga 2 Km dari sebelah Pantai Balekambang. Terdapat alasan kenapa pantai ini diberi nama demikian yaitu menurut warga sekitar pantai ini sering melihat buruk merak yang mampir untuk sekedar minum air tawar yang ada di sekitar pantai.

Disekitar area pantai dihiasi dengan pepohonan rindang beserta batu karang yang besar nan kokoh menjadi nilai plus untuk pantai ini. Ditambah lagi keindahan pantai ini semakin nyata apabila air laut sedang surut akan terlihat jelas keindahan panorama yang bukan main.

Menjadikan Pantai Kondang Merak salah satu tujuan wisata para pengunjung yang akan tak terlupakan. Dengan harga tiket yang murah yaitu Rp. 3.000 anda bisa menikmati betapa eksotisnya pantai ini.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close