fbpx
Industri KreatifInsightKabar KreatifKulinerPelaku Kreatif

5 Restoran Terkenal di Amerika yang Menjual Makanan Indonesia

Makanan Indonesia ternyata diminati oleh warga Amerika

Indiekraf.com – Makanan Indonesia telah terbukti memiliki banyak penggemar internasional, salah satunya oleh warga di Amerika. Hal ini terbukti dengan banyaknya restoran disana yang mulai menyediakan makanan khas tanah air. Rendang, sate, dan nasi goreng adalah contoh menu yang paling disukai. Namun, adakah menu makanan Indonesia lain yang disukai oleh masyarakat luar negeri?

Yuk kita simak cerita 5 restoran di Amerika yang menjual menu makanan Indonesia berikut ini:

1. Bali Kitchen

Bali Kitchen adalah satu-satunya restoran yang menjual menu khas tanah air di Manhattan, New York. Restoran ini dirintis oleh Jazz Pasay, seorang mantan dokter dan perancang busana yang kini giat memperkenalkan makanan Indonesia kepada warga di Amerika Serikat. Bali Kitchen menawarkan menu seperti nasi goreng, sate, gado-gado, soto, dan rendang. Selain itu, restoran ini juga menyajikan konsep makanan sehat seperti siomay dari tempe.

2. Awang Kitchen

Awang Kitchen adalah restoran yang menjual menu makanan Indonesia yang telah didirikan sejak tahun 2017. Restoran ini berada di wilayah Elmhurst, Queens, New York. Restoran tersebut dimiliki oleh Awang, warga New York yang berasal dari Indonesia. Adapun menu yang disajikan disini antara lain adalah asinan bogor, sate hiu, gado-gado, ketoprak, nasi timbel, dan masih banyak lagi. Salah satu menu favorit dari restoran ini adalah nasi goreng ikan asin. Awang Kitchen bahkan telah mendapatkan review baik dari New York Times.

3. Java Village

Java Village terletak di Elmhurst, Queens, salah satu daerah di kota New York yang banyak warga Indonesia bermukim disana. Salah satu yang spesial dari restoran ini adalah konsep warteg (warung tegal) yang dimiliki oleh mereka. Dewi, sang pemilik restoran mengaku mengkhususkan untuk menyajikan menu makanan Jawa, mulai dari makanan Jakarta hingga Jawa Timuran.

4. Mama Yu

Restoran Mama Yu didirikan oleh pasa pasangan suami istri, Hendro Pramono dan Ayu Sulastri. Restoran ini terletak di Houston, Texas. Disini menyediakan sebanyak 34 menu makanan Indonesia seperti nasi goreng, rendang, padang ayam, sate, dll. Salah satu keunikan dari Mama Yu adalah mereka mengusung label halal. Hal ini membuat masyarakat muslim yang ada disana bisa mencoba makanannya secara aman.

5. Hardena Waroeng Surabaya

Hardena Waroeng Surabaya didirikan oleh Ena Widjojo sejak tahun 2001. Disini mereka menyajikan berbagai macam pilihan menu Indonesia seperti balado terong, sate, rendang, gule telor, dan bakwan. Restoran ini terletak di kota Philadelphia, namun karena jumlah pengunjung terus meningkat, Hardena Waroeng Surabaya berhasil membuka troli makanan di sebuah lokasi baru yang trendi di Philadelphia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] VOA Indonesia

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button