Industri KreatifTak BerkategoriTips Kreatif

5 Situs Freelance untuk Menambah Penghasilan

Memiliki pekerjaan sampingan tentunya menarik untuk beberapa orang. Pekerjaan sampingan tidak hanya menambah penghasilan sampingan, tapi juga bisa membuat kita lebih berpengalaman dalam bidang pekerjaan. Namun, tak sedikit orang masih tidak mengetahui betul tentang apa itu Freelance dan bagaimana caranya untuk menjadi seorang pekerja lepas. Freelancer sendiri adalah pekerja lepas, dimana kamu bisa melakukan pekerjaan dengan jadwal yang lebih fleksibel dari pekerjaan formal lainnya salah satu caranya dengan mendaftar di situs tertentu.

Mengapa orang – orang berminat menjadi pekerja lepas? Selain karena jadwal yang berbeda dengan pekerja formal, sebagai pekerja lepas kita lebih bisa mengekspresikan minat dan bakat dalam bidang yang kita sukai. Bidang – bidang seperti fotografi, content writing, manajemen sosial media saat ini justru banyak digandrungi oleh anak muda untuk mencari penghasilan tambahan. Akan tetapi, masih ada orang – orang yang belum paham bagaimana cara mendaftar sebagai freelancer. Untuk menjadi pekerja lepas, kamu bisa membaca langkah – langkah nya di artikel Tips Menjadi Freelancer Saat Masa Pandemi.

Untuk situs tempat mendaftar pekerjaan sampingan, ini dia 5 situs yang bisa kamu kunjungi :

 

  1. Freelancer

Freelancer adalah situs milik sebuah startup asal Australia yang cukup terkenal. Saat ini, telah lebih dari 24 juta job seeker atau pencari kerja dan klien – klien menggunakan web ini. Kamu bisa langsung menawarkan proposal jasa ke beberapa klien. Untuk menggunakannya, kamu perlu membayar untuk menjadi anggota di dalamnya. Namun, kamu bisa mencoba fitur free trial sebagai pemula dalam mencari pekerjaan sampingan.

 

2. Upwork

Upwork juga merupakan situs yang sudah terkenal sebagai website terbesar untuk mencari pekerjaan freelance. Sehingga kamu bisa mendapat peluang lebih besar untuk menemukan pekerjaan di sini. Pada situs ini, sistem pembayaran yang diterapkan adalah hitungan per jam maupun per proyek yang kamu selesaikan. Dengan begitu, kamu bisa lebih fleksibel untuk mencari pekerjaan. Terdapat juga fitur seperti collaborative space untuk menunjang perjalanan karirmu!

 

3. Sribulancer

Sribulancer saat ini menyediakan beberapa tawaran Freelance. Jenis – jenis yang ditawarkan antara lain bidang desain grafis, penulisan artikel, penerjemahan dokumen, social media marketing dan masih banyak lagi. Sistem pembayaran upah kerja yang diterapkan di situs ini adalah transfer langsung ke rekening bank yang kamu miliki. Selain itu, mata uang rupiah maupun dollar dalam tahap transaksi sudah tersedia. Cukup mudah bukan?

 

4. Projects.co.id

Projects.co.id saat ini termasuk salah satu situs penyedia pekerjaan lepas yang terkenal di Indonesia. Dalam situs ini terdapat pula jenis – jenis tawaran pekerjaan seperti pengelolaan sosial media, bidang audiovisual hingga programming. Keunikan situs ini adalah ia memiliki fitur untuk melakukan transaksi jual – beli produk digital. Jadi, selain mencoba peruntungan sebagai freelancer kamu juga bisa mencoba menjual produk digital buatanmu. Selain itu, terdapat pula program Affiliate Referral. Apakah itu? Dalam program ini kamu bisa mengajak temanmu untuk bergabung di Projects.co.id dengan menggunakan link yang kamu berikan. Sehingga kamu bisa mendapatkan komisi dari program tersebut. Menarik, bukan?

 

5. Fiverr

Fiverr merupakan situs internasional yang cukup unik. Mengapa disebut unik karena dalam web ini, para pekerja lepas bisa membuat pengumuman jasa yang mereka tawarkan. Nantinya, para klien lah yang akan melihat pengumuman tersebut dan menghubungi kamu untuk bekerjasama. Dengan sistem seperti ini, kamu hanya perlu membuat portofolio sebagus mungkin agar dilirik oleh perusahaan yang mencari jasa tawaranmu. Selain Itu, dalam situs ini data – data pribadimu akan dijaga sehingga meminimalisir adanya kebocoran data maupun penipuan.

 

Itu dia 5 situs yang bisa kamu kunjungi untuk menjadi seorang Freelancer. Kalau kamu sudah mencobanya, jangan lupa share artikel ini ke teman – temanmu yang lain ya!

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button