Acara KreatifFotografiIndustri KreatifInsightKabar KreatifTips Kreatif

7 Hasil Fotografi Terbaik Sebagai Inspirasi Meningkatkan Kemampuan Memfoto Kamu

Indiekraf.com – Pada era digital seperti sekarang, para pekerja di industri kreatif dituntut untuk selalu kreatif dan mau belajar untuk meningkatkan kemampuan mereka. Seperti contoh dalam bidang fotografi yang telah berkembang pesat seperti sekarang. Saat ini, keindahan sebuah foto tak lagi bertumpu pada kualitas kamera yang bagus. Jika kemampuan memfoto kita bagus, maka bisa jadi dengan menggunakan jenis kamera apapun, kita akan bisa menciptakan hasil foto yang luar biasa.

Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kemampuan dalam bidang fotografi, aplikasi fotografi gratis, Agora membuat kompetisi bernama #Work2020. Kompetisi tersebut telah berhasil mengumpulkan sebanyak 9.767 hasil foto dari fotografer amatir hingga profesional di seluruh dunia.

Baca juga Menggemaskan! Simak 5 Hasil Foto Finalis Comedy Wildlife Photography Awards 2020

Kompetisi yang sudah dimulai pada tanggal 17 Januari lalu berhasil dimenangkan oleh fotografer asal Vietnam dengan akun @ptkhanhhvnh. Karya fotonya yang berjudul ‘Washing water lilies’ telah berhasil memperoleh suara terbanyak pada #Work2020. Ia berhasil mendapatkan hadiah uang tunai sebesar $1.000 atau sekitar 14 juta rupiah.

Sesuai dengan namanya, kompetisi tersebut mengangkat tema tentang sudut pandang para pekerja di dunia. Dalam hal ini, para fotografer berbagi definisi mereka sendiri tentang konsep universal apa itu artinya ‘bekerja’. Dengan hasil karya fotografi yang diunggah, kita bisa mengetahui mengetahui cara orang bekerja di seluruh dunia dan melihat perbedaan antara budaya dan negara.

Berikut adalah hasil foto 7 finalis kompetisi #Work2020

‘Washing water lilies’ – @ptkhanhhvnh (Vietnam)

Location: Chau Doc An Giang, Vietnam (Foto via agoraimages.prowly.com)
Location: Chau Doc An Giang, Vietnam (Foto via agoraimages.prowly.com)

Foto ini memperlihatkan wanita yang sedang mencuci bunga lili air. @ptkhanhhvnh menceritakan bahwa mereka menggunakan perahu untuk memetik bunga tersebut, lalu mencuci dan menjualnya di pasar setempat. Hal ini telah menjadi pekerjaan tradisional bagi wanita yang tinggal di Vietnam Barat selama beberapa generasi.

‘Feeling the heat’ – @ahinesdesign (USA)

Location: Greenville, USA (Foto via agoraimages.prowly.com)
Location: Greenville, USA (Foto via agoraimages.prowly.com)

Foto tersebut mengilustrasikan berbagai peran yang dilakukan petugas pemadam kebakaran selama keadaan kebakaran darurat. Memperlihatkan sebuah bahaya dalam pekerjaan, sikap serius, persahabatan dan profesional yang mereka gunakan untuk melakukan pekerjaannya.

‘Oyster Harvest’ – @alexclifford (UK)

Location: Grouville Bay, Jersey, UK (Foto via agoraimages.prowly.com)
Location: Grouville Bay, Jersey, UK (Foto via agoraimages.prowly.com)

Foto ini memperlihatkan tentang seorang nelayan yang sedang melakukan panen tiram di Jersey. Foto ini menunjukkan skala salah satu peternakan tiram di sisi timur Jersey dan bukti kerja keras yang harus dialami para nelayan disana.

‘Making soy sauce’ – @phamhuytrung (Vietnam)

Location: Hanoi, Vietnam (Foto via agoraimages.prowly.com)
Location: Hanoi, Vietnam (Foto via agoraimages.prowly.com)

Penduduk desa Cu Da dekat Hanoi, Vietnam telah membuat kecap selama kurang lebih 400 tahun. Dalam foto ini merpelihatkan sebuah industri penghasil kecep di Hanoi.

‘Work in the office’ – @a.rosenthal (Germany)

Location: Cologne, Germany (Foto via agoraimages.prowly.com)
Location: Cologne, Germany (Foto via agoraimages.prowly.com)

Sanga fotografer menceritakan ketertarikannya ketika melihat orang-orang sedang bekerja di meja kerja mereka. Karena desain bangunan dan jendela yang tertata secara merata serta cahaya dari dalam membuat foto ini seperti memberikan arti apa itu bekerja sebenarnya.

‘The Lecturer’ – @vellmarty (Ghana)

Location: Have Etoe, Ghana (Foto via agoraimages.prowly.com)
Location: Have Etoe, Ghana (Foto via agoraimages.prowly.com)

Di Afrika, mengajar adalah sebuah pekerjaan yang tidak mendapatkan bayaran dengan baik dan kebanyakan orang tidak ingin terjun ke dalamnya. Sang fotografer @vellmarty ingin menggunakan foto ini untuk memberi tahu setiap guru di sini bahwa menjadi seorang guru tidak selalu tentang uang, tetapi juga kegembiraan dan pengetahuan yang dibagikan dengan orang lain, yang merepresentasikan kekayaan dan layanan yang luar biasa bagi umat manusia.

‘Farmer’ – @georock888 (Indonesia)

Location: Tangerang, Indonesia (Foto via agoraimages.prowly.com)
Location: Tangerang, Indonesia (Foto via agoraimages.prowly.com)

Sang fotografer menunggu moment saat petani mengumpulkan tanaman dan berjalan menjauh dari sungai. Tetesan air dari tanaman tersebut membuat Ia tertarik untuk mengabadikanya dalam sebuah foto diatas.

Klik tautan ini untuk melihat lebih banyak lagi hasil foto para finalis di #Work2020.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button