Industri KreatifKabar Kreatif

Kebut Roadmap Industri Kreatif Apps dan Game, KEK Malang Undang Komunitas dan Akademisi

Reporter : @farizrw | Edit by : @fikaralbaba

Indiekraf | Kota Malang – Bertempat di floor bar di hotel atria Malang, Barenlitbang dan Komite Ekonomi Kreatif Kota Malang berkumpul bersama seluruh stakeholder dalam subsektor aplikasi dan game di kota Malang. Adapun pertemuan tersebut Membahas mengenai lanjutan penyusunan Roadmap ekonomi kreatif untuk bisa diwujudkan dalam satu program besar smart & creative city. Tercatat sekitar 30 peserta diskusi mempunyai latar belakang yang beragam untuk merembug bersama mengenai Smart City Kota Malang.

Acara yang dimoderatori oleh Amar Alphabet, CEO Profile Image Studio dan Miftahul Huda, CEO Inagata tersebut cukup gayeng dalam menampung masukan-masukan dari peserta FGD. Menurut Cahyo Chrisdian, salah satu dari peserta FGD yang mewakili akademksi dari Universitas Islam Negeri (UIN) malik ibrahim malang mengatakan bahwa smartcity tidak hanya dibentuk oleh satu bidang teknologi melainkan dibutuhkan komponen-komponen lain dalam mewujudkan smart city. Dalam konteks pemerintahan, seluruh SKPD harus mampu merujuk dalam satu rencana strategis bersama.

Dalam diskusi yang berlangsung hingga sore tersebut terdapat beberapa hal yang menjadi isu penting, salah satunya mengenai data menjadi narasi yang sering di lontarkan oleh peserta FGD. Diharapkan dengam adanya pengumpulan dan pemanfaatan data yang baik mampu meningkatkan ekosistem khususnya dalam subsektor aplikasi dan game dalam menunjang Smart city.

Direncanakan lanjutan beserta kesimpulan mengenai FGD hari ini akan disosialisasikan oada pertengahan Desember 2018 kepada Wali Kota Malang untuk tindak lanjut pada tahun 2019.

Adapun beberapa poin yang dihasilkan dalam pertemuan ini antar stakeholder ekonomi kreatif adalah sebagai berikut:

  1. Tahap saat ini untuk Malang menuju kota Kreatif adalah menuju tahapan “development” dimana perlu menyiapkan infrastruktur dan pengembangan talent kreatif di Malang.
  2. Kontribusi sektor aplikasi dan game untuk kolaborasi dengan subsektor lainnya dibutuhkan bentuk real dan aksi nyatanya. Sehingga telah dirumuskan tim formatur “Task Force” yang akan menindaklanjuti dan membuat KPI langkah konkrit untuk mengeksekusi roadmap subsektor apps dan games Kota Malang.
  3. Malang Creative Center (MCC) direncanakan akan segera dibangun oleh Pemkot Malang dibawah naungan Dinas Perindustrian Kota Malang. Diharapkan bisa disinergikan dalam perencanaan konsep hingga implementasi dengan semua stakeholder industri kreatif.
  4. Di tahun 2019, akan dimulai juga pembangunan coworking space di 5 kecamatan di kota Malang yang diharapkan bisa mengembangkan potensi kreatif di level masyarakat / kecamatan.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close