Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifMbois Media

Begini Tantangan Project Manager Dalam Industri Digital

Indiekraf.com – Project Management dalam suatu bisnis khususnya industri kreatif digital sangat perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir miss communication atau salah paham antar departement. Oleh karena itu, didalam sebuah project management dibutuhkan seorang Project Manager yang kompeten untuk membantu mengatasi hal tersebut.

Project Manager memiliki tanggung jawab untuk mengatur keseluruhan arah koordinasi antar departemen. Selain itu, Project Manager juga bertanggung jawab dalam memahami dan menyelesaikan proyek dari client. Dibutuhkan kemampuan atau skills komunikasi yang baik untuk memahami keinginan seorang client.

Baca juga NgeDILo x IxDA Malang: Proses Riset UX Research Pada Perusahaan B2B

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana cara menjadi Project Manager dan mengetahui tanggung jawabnya di industri kreatif digital, Forum Project Management berkolaborasi dengan DILo Malang menggelar event Lean Coffee dengan tema “Software Project Management”. Event ini langsung dipandu oleh Misbakhul Mustofin, Lead of Forum Project Management.

Event Lean Coffee merupakan event diskusi bersama dengan audience yang akan dimoderatori oleh satu orang. Dengan begini, semua orang yang ikut dalam event ini mampu menyampaikan pendapatnya terhadap topik yang telah dibuat. Dalam event yang diselenggarakan pada hari Selasa (11/08) kemarin menghadirkan beberapa Project Manager dari berbagai industri yang ada di Indonesia.

Event Lean Coffee Menjadi Project Management di Industri Kreatif Digital (Dokumentasi Pribadi)
Event Lean Coffee Menjadi Project Management di Industri Kreatif Digital (Dokumentasi Pribadi)

Topik utama yang dibahas dalam event ini adalah masih banyaknya industri kreatif digital yang kurang mampu memahami keinginan client. Selain itu masih sering terjadinya miss communication antara Project Manager dan tim. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut?

Salah satu perwakilan dari perusahaan Dot Indonesia mengatakan bahwa adanya sebuah miss communication adalah hal yang biasa. Namun harus perlu dievaluasi terus agar tidak sering terjadi.

“Sering ada miss understanding bisa dibilang adalah hal yang biasa, intinya ini adalah bagian dari komunikasi. Bagaimana kita menjembatani dengan baik.” ujarnya.

Baca juga NgeDILo x MQA: Cara Software Quality Assurance Melakukan Testing Aplikasi

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seorang Project Manager agar bisa meminimalisir kesalahpahaman antara client dan tim. Saat meeting dengan client, usahakan untuk langsung membuat catatan, minimal dapat membuat flowchart dari hasil yang disampaikan oleh client. Selanjutnya, segera melakukan komunikasi dengan tim lead developer untuk menyampaikan hasil meeting tersebut. Setelah produk selesai dibuat oleh tim developer, presentasikanlah hasil produk tersebut dengan membuat mockup agar mudah dipahami oleh client.

Hal utama yang terpenting dalam mengurangi miss communication adalah komunikasi. Lakukanlah komunikasi sesering mungkin kepada tim atau client jika terdapat hal yang kurang jelas. Jangan menunda untuk bertanya agar proyek bisa berjalan dengan lancar.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button