Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightMbois MediaTips Kreatif

Cara Membangun Startup Media & Strategi SEO Digital Marketing

Indiekraf.com – Startup media adalah sebuah startup di bidang media massa meliputi berita, blog dan lain sebagainya. Contoh startup media terbesar di Indoneisa adalah Tirto.id, Tribunnews.com, okezone.com, dan masih banyak lagi. Setiap startup media sejatinya memiliki ciri khas masing-masing.

Startup media mulai berkembang pesat di Indonesia mulai tahun 2010 an. Bidang media massa saat ini telah mendapat perhatian yang besar di Indonesia. Data pada bulan Januari 2019 menyatakan bahwa startup media berada di 5 besar website yang sering dikunjungi, sehingga sangat berpotensi untuk terus dikembangkan.

Baca juga Murah dan Hemat! Berikut 5 Tips Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

 

Berdasarkan informasi tersebut, DILo Malang menggelar event DILo A Conference dengan tema “Membangun Startup Media & Strategi SEO untuk Digital Marketing”. Event ini menghadirkan 2 pembicara profesional diantaranya adalah M. Ziaelfikar Albaba, CEO Indiekraf.com dan Saatul Ihsan, CEO Travelingyuk.com sebagai pemateri.

Membangun sebuah startup media tidaklah sulit. Fikar menjelaskan bahwa jika kita ingin memulai untuk membuat bisnis di bidang ini, kita bisa memulai dengan menjadi personal blogging. Kita bisa memanfaatkan platform seperti tumblr, blogspot, wordpress, atau medium. Jika belum memiliki skill membuat website, kita bisa memulai menulis di Kontributor Online (Agregator) seperti indiekraf.com yang menyediakan “tempat” untuk tulisan kita.

Namun terdapat hal yang perlu diperhatikan lebih detail jika ingin berbisnis di media massa yaitu ciri khas. Menurut Fikar, para startup media yang sukses adalah mereka yang memiliki ciri khas dalam memilih rubrik. “Apakah mau main yang general atau yang spesifik. Kalau spesifik contohnya ada GNFI yang hanya memuat berita positif.” ujar fikar.

Meski terlihat menguntungkan, terjun dalam dunia bisnis tidak semudah yang kita bayangan. Banyak kompetitor yang akan bersaing dengan media kita. Oleh karea itu, perlu adanya strategi agar media kita bisa bersaing dengan para komptitor lainya.

Menurut Ihsan, membesarkan dengan cara “organik” adalah cara yang tepat. “Untuk mengembangkan strategi yang organik, yang pertama dikejar adalah SEO, selanjutnya Media Social Ads, dan SEM,” ujar Ihsan. Ia menambahkan bahwa srategi media social ads sangatlah penting untuk membantu mempopulerkan tulisan kita. Dalam strategi ini, Ihsan fokus menggunakan Facebook untuk mengembangkan media travelingyuk.com miliknya.

Selain itu, Ihsan juga memberikan beberapa tips untuk startegi SEO. Menurutnya ada 3 cara yang harus terus kita kembangkan dalam SEO, pertama adalah web optimizing untuk membuat website kita mudah diketahui oleh masyarakat. Selanjutnya adalah terus melakukan riset pada Research Keywords dan Content Development.

Dalam content development, Ihsan menyampaikan bahwa kita bisa membaginya menjadi 3 bagian yaitu short term untuk dopping harian, mid term untuk konten yang musiman, dan long term, yaitu konten yang bersifat “everlasting” atau selamanya seperti “Bagaimana cara memutihkan wajah”, “Bagaimana menghilangkan jerawat.” dsb.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button