Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Chatbot WhatsApp Untuk Vaksinasi COVID-19 Resmi Tersedia!

Indiekraf.com – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia baru saja meluncurkan inovasi dalam bidang vaksinasi COVID-19 di Tanah Air. Kini sudah tersedia chatbot WhatsApp untuk vaksinasi COVID-19! Bagaimanakah cara penggunaan dan manfaatnya?

Chatbot WhatsApp Untuk Vaksinasi COVID-19 Kini Resmi Tersedia!
Sumber : Siaran Pers PT M Cash Integrasi

Chatbot WhatsApp untuk Vaksinasi COVID-19 Resmi Dirilis

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bekerjasama dengan Facebook dan PT Dam Korporindo Digital (DKD) untuk membuat chatbot WhatsApp untuk vaksinasi COVID-19. PT Dam Korporindo Digital (DKD) sendiri merupakan anak perusahaan dari PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS). Chatbot yang dirilis secara resmi ini diharap bisa menjadi solusi di tengah maraknya vaksinasi COVID-19 belakangan ini.

PT Dam Korporindo Digital (DKD) memiliki peran untuk mengelola dan melakukan pengembangan chatbot yang didasari pada pada platform WhatsApp for Business. Dengan adanya chatbot resmi ini, Kementerian Kesehatan ingin mencoba meningkatkan penyebaran informasi mengenai virus COVID-19 serta program vaksinasinya.

Harapan dengan Diluncurkannya Chatbot WhatsApp Ini

Chatbot WhatsApp untuk vaksinasi COVID-19 ini diharap bisa mendukung kemajuan Indonesia untuk mencapai target vaksinasi nasional. Dengan menggunakan chatbot WhatsApp ini, pengguna bisa mendaftar serta mengetahui informasi lebih detil mengenai pemberian vaksin kepada masyarakat. 

Oscar Primadi selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan memberikan keterangannya terkait diluncurkannya chatbot ini. “Untuk mendukung pencapaian target vaksinasi nasional, perlu dilakukan sosialisasi yang efektif kepada seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan WhatsApp menyediakan platform penyebaran informasi COVID-19.” jelasnya.

Chatbot WhatsApp untuk Vaksinasi COVID-19 yang Pertama di Dunia

Selain itu, Victoria Grand selaku Vice President for Public Policy & Communication WhatsApp memberikan tanggapannya. “Dengan lebih dari 2 miliar orang yang menggunakan WhatsApp, kami menyediakan cara yang aman, terpercaya dan familiar bagi masyarakat untuk mendaftar dan melaksanakan vaksinasi mereka. Chatbot vaksin Kementerian Kesehatan Indonesia adalah yang pertama di dunia yang menjalankan tugas penting tersebut, dan telah menjadi tolok ukur bagi negara lain.” terang Victoria.

Ia juga mengatakan, “Kami melihat dampak positif dari hal ini bagi para pekerja garis depan dan pada saat Indonesia memasuki Fase 2 dari program vaksin nasional untuk lansia dan pekerja publik, kami berharap untuk melihat dampak dan tanggapan positif yang sama,”. 

 Baca Juga Kolaborasi Snapchat dan Indosat Ooredoo, Dalam Rangka Apa?

Related Articles