ArsitekturDesain InteriorIndustri KreatifKabar KreatifKota Kreatif

Coworking Space Baru di Surabaya yang Unik, Kayak Apa?

Indiekraf.com – Bekerja maupun belajar di coworking space kini banyak digandrungi anak muda. Hal itu lantaran ambience nya yang berbeda dari cafe maupun perpustakaan. Saat ini, ada coworking space baru di Surabaya nih. Coworking space ini dinilai unik lantaran memanfaatkan sebuah bunker!

Coworking Space Baru di Surabaya yang Unik, Kayak Apa?

Saat ini, coworking space di berbagai kota sudah mulai menjamur. Banyaknya peminat dari tempat ini menjadikan kota-kota besar di Indonesia mulai membangun tempat kerja yang nyaman. Salah satunya adalah kota Surabaya. Kini, ada coworking space baru di Surabaya yang unik banget, nih.

Keunikannya ada pada tempat coworking space yang menggunakan bunker! Bunker Tegalsari dimanfaatkan untuk dibangun menjadi sebuah tempat kerja yang nyaman. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Iman Krestian selaku Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR). Ia mengatakan bahwa bunker yang ada di belakang Mapolsek Tegalsari ini juga akan disulap menjadi tempat display produk UMKM.

Dibalik Keunikan Coworking Space di Surabaya Ini

Sebelumnya, coworking ini merupakan gedung dari kantor Satgas PU Bina Marga. Namun, mereka menyulap tempat ini menjadi tempat kerja yaitu coworking space. Dikutip dari keterangan resmi, Iman Krestian menjelaskan tentang perubahan bunker ini. “Jadi sebelumnya kondisi Bunker Tegalsari ini dipakai untuk kantor Satgas PU Bina Marga, lalu beralih tempat penyimpanan peralatan siaga bencana oleh BPB Linmas. Lalu dialihfungsikan menjadi tempat fasilitas ekonomi,” jelasnya pada Minggu (20/6/2021).

Meskipun direvitalisasi, tak ada sudut bangunan dari bunker ini yang dibuah. Hal ini juga karena bunker Tegalsari merupakan cagar budaya. Hanya dengan mempercantik bangunan tersebut seperti di bagian dinding dan lantai, terciptalah coworking space baru di Surabaya yang nyaman. “Bangunannya memang tidak kami ubah sama sekali. Kami hanya memperbagus dan membenahi bebarapa kerusakan saja. Kami buatkan toilet di dekat area tetapi tetap tidak mengubah keaslian bunker,” tambahnya.

Baca Juga 6 Fakta Coworking Space yang Perlu Para Freelance Tahu

Related Articles