Aplikasi Digital dan GameMbois MediaPeriklananTak BerkategoriTips Kreatif

Jumlah View Youtube Bisa Berkurang, Kenapa ya?

Di zaman seperti sekarang, rasanya hampir semua orang pasti memiliki akun YouTube. Akun tersebut bisa jadi menjadi akun pribadi, akun untuk personal branding sampai akun untuk menjadi media pemasaran bisnis. YouTube adalah layanan video hosting yang memiliki fitur – fitur yang memungkinkan untuk orang – orang di seluruh dunia dapat berinteraksi. Dengan hal tersebut, tak jarang pebisnis melakukan promosi produk untuk memberikan layanan pada pelanggan bisnisnya. Namun, akhir – akhir ini marak isu bahwa jumlah view di video tertentu mengalami pengurangan yang cukup drastis. Mengapa bisa terjadi pengurangan seperti itu?

Sejumlah orang berpendapat bahwa penurunan dalam beberapa video dikarenakan YouTube mengubah kebijakan dalam hal perhitungan jumlah penontonnya. Ada pula pendapat lain yang mengatakan bahwa YouTube melakukan intervensi kepada bot agar menghindari kecurangan. Bot biasanya digunakan untuk meningkatkan jumlah penonton dalam sebuah video dengan sengaja dalam maksud mendapatkan angka view yang tinggi secara instan. Tetapi, ada pendapat yang menjelaskan bahwa kemungkinan YouTube melakukan perubahan algoritma dimana penonton justru akan lebih jarang menemukan video dari akun – akun yang telah disubscribe.

Baca Juga

Ternyata media sosial tempat berbagi video tersebut melakukan perubahan dalam sistem perhitungan videonya disebabkan oleh sejumlah akun, artis maupun label yang didapati melakukan kecurangan. Kecurangan tersebut umumnya dilakukan dengan menggunakan bot seperti yang telah dijelaskan di atas. 

Sumber : YouTube Help

Dikutip dari YouTube Help, mereka ingin memastikan bahwa penonton video adalah manusia dan bukan program komputer. Sistem dari YouTube akan memakan waktu untuk menampilkan jumlah akun yang real sehingga dalam beberapa jam saat suatu video tayang, bisa jadi jumlah penonton yang sebenarnya tidak langsung muncul. Hal itu disebabkan karena sistem mereka yang memerlukan waktu untuk memilah penonton yang sebenarnya dan yang menggunakan robot. 

Selain itu, terdapat penjelasan mengenai jumlah view yang freeze. Hal itu disebabkan karena  YouTube sedang memverifikasi hasil penayangan tersebut merupakan angka yang akurat dan asli. Sehingga, pada beberapa video yang banyak di stream di waktu yang bersamaan membuat YouTube membutuhkan waktu untuk menampilkan jumlah penonton yang sebenarnya. 

Jika kamu memiliki sebuah akun bisnis maupun personal, jangan coba – coba untuk menggunakan bot sebagai upaya untuk menaikkan jumlah penonton secara instan ya. Tetap hasilkan karya yang sebaik mungkin agar penonton organik membuat channel kamu lebih banyak ditonton. Semoga bermanfaat! 🙂

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button