Digital KreatifIndustri Kreatif

DANA dan OVO Siapkan Strategi Untuk Hadapi GoPay

Indiekraf.com – Dilansir dari media Bloomberg yang memberitakan bahwa dua startup fintech terbesar di Indonesia yaitu Dana dan OVO dikabarkan telah siap untuk melakukan merger untuk menghadapi kompetitor mereka, GoPay.

Selain itu, tujuan kerja sama ini juga untuk mengurangi strategi “bakar uang” yang selama ini telah mereka lakukan.

Namun, seperti yang diberitakan oleh Bloomberg, strategi merger ini harus ditunda terlebih dahulu akibat adanya wabah COVID-19. Selain itu, isi kesepakatan antar kedua belah pihak juga masih perlu dibicarakan lebih lanjut.

Jika kesepakatan kerja sama antara DANA dan OVO berjalan mulus, maka akan tercipta “perang” yang menarik dalam dunia startup dompet digital atau e-wallet di Indonesia.

Pasalnya, DANA merupakan salah satu startup yang didukung oleh Alibaba Group Holding Ltd., sementara OVO adalah bagian dari Softbank Group Corp.

Tak hanya itu, OVO juga didukung oleh Grab Holdings Inc. yang berbasis di Singapura. Adanya kerja sama antara DANA dan OVO akan mempererat aliansi antara Softbank dan Alibaba.

GoPay Juga Memiliki Strategi

GoPay saat ini telah memiliki kekuatan yang kuat. Dibawah naungan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), mereka telah bergerak cepat untuk memperluas layanan mereka di Indonesia.

Saat ini, Gojek telah mendapatkan investor baru dari salah satu perusahaan terbesar di dunia yaitu Facebook Inc. dan PayPal Holdings Inc. yang telah memberikan sumbangan dana dan transfer teknologi kepada Gojek.

Startup yang bergerak di bidang dompet digital atau e-wallet saat ini telah berjuang untuk menjadi pemimpin pasar dompet digital di Indonesia. Jika kerja sama antara OVO dan DANA berjalan lancar, maka akan memungkinkan untuk terciptanya Startup Dompet Digital terbesar di Indonesia.

Asia Tenggara telah menjadi saksi bertumbuhnya layanan dompet digital atau e-wallet yang sangat cepat. Hal ini dapat terjadi karena adanya kontribusi antara Grab dan Gojek yang terus berusaha untuk menciptakan budaya cashless di Asia Tenggara.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi:

[1] Indonesia’s Ovo Is Close to Merger With Dana to Fight Gojek

[2] Sumber Gambar https://www.ovo.id/

 

Baca juga:

Kembangkan Komunitas, Malang QA Kolaborasi dengan PT Majoo Teknologi Indonesia

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button