Acara KreatifAplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifMbois Media

DILo, Ngalup.co, dan Alterra Terus Berusaha Mencetak Talenta Digital Baru Berkualitas

Indiekraf.com – Peluang bekerja di industri kreatif digital semakin terbuka lebar. Semakin berkembangnya dunia teknologi membuat banyak perusahaan yang membutuhkan sosok talenta digital yang berkualitas. Melihat hal tersebut, DILo Malang berkolaborasi dengan Stasion Festival 2020 menggelar webinar dengan tema “Talent Development In Digital Transformation”⁣.

Webinar yang diselenggarakan pada hari Senin (16/11) tersebut mendatakangkan para pemateri profesional seperti Andriansyah A. (Executive Director DILo), Andina Paramitha (Direktur Ngalup Coworking Space⁣), dan Iswanul Umam (Lead Academic & Curriculum Alterra⁣). Setiap pemateri masing-masing menyampaikan usaha mereka dalam ‘memproduksi’ calon talent-talent digital Indonesia yang berkualitas tinggi.

Baca juga NgeDILo x IxDA Malang: Proses Riset UX Research Pada Perusahaan B2B

Pada acara tersebut, Andriansyah mengungkapkan bahwa bersama DILo, Ia telah berusaha untuk mencetak calon talent-talent digital berkualitas melalui program yang sudah dirancang. Berdiri sejak tahun 2014, DILo (Digital Innovation Lounge) telah membuat program-program unggulan yang mampu membantu melahirkan talenta-talenta baru di dunia teknologi. Sudah tersebar di 17 kota besar yang ada di Indonesia, DILo memiliki berbagai program untuk mendukung kemampuan masyarakat seperti DILo Talent Professional, DILo Hackathon Festival, DILo Customer Validation, dan masih banyak lagi.

Namun, ada satu program unggulan DILo yang secara konsisten membantu meningkatkan skill para talenta digital Indonesia yaitu mentoring. Setiap cabang DILo yang ada di Indonesia memiliki program ‘mentoring’ seperti workshop atau seminar yang rutin dilakukan setiap bulan, bahkan setiap minggunya. “DILo selalu mencari mentor-mentor lokal untuk membantu para member berkembang,” ujar Andriansyah.

Upaya untuk mencetak talenta-talenta digital baru di Indonesia juga telah dilakukan oleh Alterra Academy. Melalui program pelatihanya, mereka telah berhasil meluluskan 86 talent digital yang berkualitas dan siap bersaing. Salah satu hal yang mengejutkan adalah dari 86 orang tersebut, 73% adalah orang yang tidak memiliki background pendidikan IT. “Berasal dari banyak kalangan non IT, mereka pengen belajar coding,” ujar Umam, Lead Academic & Curriculum Alterra.

Baca juga Jangan Launching Produk Digital Kamu Sebelum Melakukan Tes Dengan Tools Berikut

Ngalup Coworking Space juga memiliki berbagai program yang mendukung berkembangnya talenta digital di Indonesia, khusunya di Kota Malang. Mulai tahun 2016, Ngalup Coworking Space telah membuat program yang berbeda-beda setiap tahunya, dimulai dari The Development of Startup (2016), Startup and Entrepreneur Competitions & Incubations (2017), Join the regional Startup & Entrepreneur Programs (2018), Run The Regional & National Startup & Entrepreneur Programs (2019, dan Run the International Startup Program (2020).

Direktur Ngalup Coworking Space⁣, Andina Paramitha mengatakan bahwa terdapat satu skills yang harus dimiliki para talenta digital selain IT. “Public speaking adalah skill yang sangat penting sekali untuk dimiliki setiap orang pada saat ini,” ujarnya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button