Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifFesyen

Dorong Inovasi Startup Kerajinan dan Batik, Kemenperin Gelar Innovating Jogja 2019

Batik merupakan salah satu produk unggulan dengan kontribusi cukup besar melalui capaian ekspornya

INDIEKRAF.COM – Di era perkembangan teknologi digital, pelaku industri dituntut menghasilkan produk berdaya saing global. Untuk itu, Kementrian Perindustrian melalui Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta menggelar kompetisi bertajuk Innovating Jogja 2019. Kompetisi ini bertujuan mendorong munculnya startup di bidang kerajinan dan batik.

Baca juga:

Dilansir dari suarakarya.id, Kepala BBKB Titik Purwati Widowati mengungkapkan bahwa Innovating Jogja tahun ini berfokus pada penumbuhan usaha yang bergerak di bidang kerajinan dan batik.  Hal ini dikarenakan batik merupakan salah satu produk unggulan yang berkontribusi cukup besar bagi perekonomian nasional.

via kratonpedia.com

Kompetisi ini terbuka bagi seluruh masyarakat Yogyakarta di bawah usia 45 tahun.
Seperti yang dipaparkan oleh Titik, tahun ini, BKKB tidak hanya menyeleksi calon peserta yang memiliki inovasi di bidang kerajinan dan batik, tapi juga mereka yang berminat untuk memanfaatkan teknologi kompor listrik batik tulis hasil penelitian BBKB.

“Kegiatan Innovating Jogja secara umum menggabungkan tujuan kegiatan Innovating Jogja terdahulu untuk menghasilkan startup kerajinan dan batik di Yogyakarta yang inovatif dengan alih fungsi teknologi dan inkubasi hasil-hasil litbang yang dihasilkan oleh BBKB Yogyakarta.” Jelasnya.

Acara ini juga bertujuan untuk menciptakan inovasi bidang batik dan kerajinan melalui teknologi.  Ngakan Timur Antara selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin menegaskan bahwa lembaga litbang di seluruh Indonesia termasuk yang ada di bawah BPPI Kemenperin siap penyokong ekosistem inovasi untuk menciptakan riset-riset berkualitas dan memberi manfaat bagi kemajuan industri nasional. Ia juga optimistis, pengembangan industri melalui inovasi dan teknologi dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas industri secara efisien.

“Saat ini, penguatan inovasi bagi sektor industri menjadi sangat penting. Sebab, kata para cendikia, ‘technology will always win’. Langkah ini perlu kolaborasi dengan seluruh stakeholder,” Ujarnya.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Close