Industri KreatifKabar KreatifKreatif Tourism

Dukung UMKM Bisa Ekspor, Kemenparekraf Bakal Promosikan Produk Ke Luar Negeri

Indiekraf.com- Para pelaku usaha mikro atau UMKM di Indonesia semakin hari makin produktif, dengan semakin meningkatnya produk UMKM di tanah air, nantinya akan semakin memacu masyarakat untuk bisa menjadi pengusaha. Karena adanya UMKM, perekonomian Indonesia akan semakin terangkat.

Agar pelaku usaha mikro ini naik kelas hingga mampu menjadi eksportir, pemerintah melalui kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif, bakal mempromosikan produk UMKM ke pasar global.

Baca Juga:

“Kemenparekraf akan terus membantu UMKM dalam pengembangan bisnis termasuk promosi produk,” ungkap Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif Sandiaga Uno melansir dari Indozone.id.

Menurutnya, para pelaku UMKM juga akan mendapat akses untuk membangun jejaring dan memperkuat distribusi agar dapat melakukan ekspor. Hal ini dinilai penting agar para pelaku UMKM dapat tumbuh besar hingga menembus pasar mancanegara.

Sandiaga mengatakan, kurang lebih 70 persen UMKM merupakan pelaku ekonomi kreatif, oleh karenanya sektor tersebut harus terus didorong dan dikembangkan.

“Sekitar 70 persen UMKM adalah pelaku ekonomi kreatif, sehingga harus terus dikembangkan dan didorong untuk terus bertumbuh,” katanya.

Selain itu, sektor UMKM dengan pariwisata dan ekonomi kreatif terbukti dapat membuka lapangan kerja. Sandiaga mengatakan ini hal menggembirakan, karena pandemi Covid-19 telah membuat angka pengangguran bertambah.

Related Articles