Kabar KreatifTips Kreatif

Efek Positif Covid-19 terhadap Industri Kreatif di Tanah Air

Tidak hanya Efek Negatif, Covid-19 juga Memberikan Dampak Positif Bagi Industri Kreatif di Indonesia

Indiekraf.com | Wabah Covid-19 Memang mau tidak mau berdampak serius pada kehidupan bermasyarakat. Mulai dari pembatasan sosial (social distancing) hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang baru baru ini ramai diperbincangkan dalam kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia.

Pada artikel lalu, indiekraf telah posting efek negatif yang disebabkan oleh adanya virus Covid-19 ini. Mulai dari sepinya pengunjung / pembeli, tersendatnya bahan baku hingga dilarangnya event-event yang mendatangkan banyak orang dalam satu tempat.

Namun faktanya, banyak efek positif adanya wabah Covid-19 ini pada industri kreatif. Apa saja itu ? yuk simak !

Gambar oleh Gerd Altmann via Pixabay
Gambar oleh Gerd Altmann via Pixabay

1. TERSEDIANYA WAKTU LEBIH UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK

Seringkali pelaku kreatif hanya fokus ke develop produk tanpa memperhitungkan proses QC (Quality Control) dan upgrade produk. Nah dengan adanya hambatan ini membuat ada kesempatan untuk berfikir kembali apa yang akan kita kembangkan kedepan untuk bisa laku di pasaran.

2. BANYAK IDE KREATIF YANG MUNCUL

Terkadang produk yang kita siapkan tidak sesuai dengan momen yang ada. Misal: Kita mau jualan tiket wisata disaat banyak tempat lockdown atau pembatasan wilayah. Hal ini yang membuat pemilik usaha / produk harus berfikir lebih kritis dan kreatif untuk mencari celah peluang bisnis yang bisa dijalankan. Semisal: Pelaku tiketing online pivot menjadi jual beli merchandise pariwisata dari daerah wisata.

3. WAKTU UNTUK SELF IMPROVEMENT (BELAJAR SENDIRI) LEBIH BANYAK

Dengan perkembangan teknologi saat ini dan banyaknya platform penyedia pelatihan online membuat kita lebih mudah dalam mengakses hal hal tersebut untuk menguatkan personal knowledge kita. Bahkan efek dari School From Home (SFH) membuat orang tua juga harus bisa self improvement dalam mengajari anak-anaknya untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh pengajar di sekolah.

Begitupun dengan mahasiswa harus lebih banyak referensi untuk bisa mengerjakan tugas dari Dosen dengan mengakses beberapa referensi online yang tersedia.

4. WAKTU BERKUMPUL LEBIH LAMA DENGAN KELUARGA

Terus menerus bekerja juga menjadi hal yang sebenarnya negatif untuk kesehatan rohani. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk banyak berkumpul dengan keluarga di rumah. Walaupun melakukan pekerjaan dirumah namun tetap bisa bercengkrama dengan keluarga yang ada di rumah. Level kebahagiaan akan naik dan membuat kita semakin awet muda dan serta lebih sehat tentunya.

5. KESADARAN UNTUK PUNYA BANYAK RENCANA

Adanya pandemic ini juga mengajarkan pelaku industri untuk harus memiliki banyak plan / rencana proyeksi. Mempertimbangkan kondisi, moment dan waktu yang kadang tidak bisa kita prediksi sehingga harus lebih cermat dalam membuat business plan / proyeksi keuangan. Tentunya dengan menyiapkan beberapa alternatif yang bisa diterapkan ketika terjadi kondisi darurat seperti saat ini.

6. HARUS LEBIH MELEK TEKNOLOGI

Ini hal yang penting karena hampir sebagian besar aktifitas kita lakukan secara online. Mulai dari belajar, diskusi, jualan bahkan beribadah sekarang dilakukan secara online. Hal ini juga memaksa kita untuk lebih bisa menerima perkembangan teknologi saat ini. Industri kreatif berbasis aplikasi juga diuntungkan dengan hal ini karena produknya bisa digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan.

Nah ini ulasan panjang dari Indiekraf terkait positif impact dari Covid 19. Jadi kita harus tetap optimis, jaga jarak dan yang paling penting, Semangat Kreatif !

Baca Juga :

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button