Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Fasilitasi Warga Mencari Kerja, Pemkot Malang Kembangkan Aplikasi Job Fair Active

Indiekraf.com-Masyarakat pencari kerja yang ada di Kota Malang saat ini tidak perlu bingung untuk bisa mendapatkan pekerjaan, hal itu dikarenakan pemerintah Kota Malang kini sedang mengembangkan aplikasi  bernama Job Fair Active yang diperuntukkan bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan.

Aplikasi ini merupakan wadah bagi para pencari kerja yang sedang mencari pekerjaan sesuai kebutuhan di dunia kerja.

Laode Kulaita B Al Fitra, Kasi Pengembangan Informatika Diskominfo Kota Malang mengatakan jika adanya aplikasi Job Fair Active ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran yang ada di kota Malang. Dengan aplikasi ini, masyarakat yang bingung mencari kerja bisa dimuahkan.

“Aplikasi Job Fair Active ini masih dalam tahap pengembangan. Rencananya dalam waktu dekat ini, aplikasi ini segera dirilis agar dapat memudahkan para pencari kerja,” kata Laode melansir dari suryamalang.com.

Aplikasi ini dapat diunduh di play store dan dapat diakses melalui www.jobafairactive.com.

Hal itu termasuk juga memfasilitasi masyarakat pencari kerja di kota Malang agar mendapatkan peluang kerja seluas-luasnya di pasar kerja lokal regional nasional dan bahkan internasional.

Banyak Kemudahan

Munculnya aplikasi ini sangat memberi manfaat bagi para pencari kerja, antara lain yakni  para pencari kerja tidak perlu mengirimkan lamaran kerja, daftar riwayat hidup, bahkan wawancara ke perusahaan. Karena semua aktivitas tersebut, telah tertuang menjadi satu ke dalam aplikasi Job Fair Active. Tinggal nantinya para pencari kerja membuat akun dengan mengisi data pribadi.

Kemudian mengisi assesmen pertanyaan yang bertujuan untuk mengetahui kualitas dan kompetensi. Hasil dari asesmen tersebut yang nantinya dapat memperlihatkan, pekerjaan mana yang cocok buat pelamar.

“Jadi kita bisa melihat langsung hasil dari asesmen itu, misalkan pelamar cocoknya jadi marketing, nah itu langsung terhubung dengan perusahaan yang membutuhkan. Tinggal langsung prosesnya nanti menjadi satu di aplikasi. Step by stepnya sudah ada,” terang Laode.

Baca juga:

Hal itu juga memudahkan bagi perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja, perusahaan dapat melihat data portofolio calon tenaga kerja yang telah diasesmen sesuai penilaian HRD.

Karena saat proses pengisian asesmen ini mencakup 25 aspek penilaian soft skill, yang di antaranya ialah nilai intelektual, motivasi, leadership, problem-solving, supervisi, serta berbagai macam informasi tentang dominasi kesesuaian karakter bidang kerja maupun di tingkat jabatan.

“Jadi perusahaan juga gak bingung mau cari tenaga kerja. Tinggal mencari saja di aplikasi Job Fair Action. Tinggal pilih nanti calon tenaga kerja yang sesuai berdasarkan dari hasil asesmen,” tambahnya.

Dengan adanya aplikasi ini, Laode berharap dapat menekan laju angka pengangguran serta mewujudkan Kota Malang Bermartabat sebagai visi kota Malang yang mendorong pencapaian kota yang produktif dan berdaya saing berbasis ekonomi kreatif .

“Sesuai kata Pak Wali yang selalu bilang dari Malang untuk dunia diharapkan aplikasi ini semakin banyak perusahaan yang memanfaatkannya. Tak hanya nasional tapi juga internasional. Tinggal nanti kami sosialisasikan dan kami launching yang rencananya di akhir tahun ini,” ucapnya.

Proses pengelolaan aplikasi Job Fair Active ini, nantinya akan dikelola oleh Dinas Ketenagakerjaan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang.

Related Articles