Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Gojek Dan Kemenkop UKM Berkolaborasi, Targetkan Puluhan Juta UMKM

Indiekraf.com-Ditengah pandemi covid-19 yang hingga kini belum usai, pemerintah terus berupaya untuk memulihkan ekonomi nasional. Dan sektor usaha kecil menengah, menjadi salah satu sektor yang bakal dipercepat untuk dipulihkan.

Guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah atau Kemenkop UKM telah bekerjasama dengan Gojek untuk merealisasikan para pelaku usaha kecil atau UMKM.

“Dengan semangat gotong royong, Gojek akan selalu mendukung upaya pemerintah khususnya Kementerian Koperasi dan UKM dalam memberdayakan UMKM melalui teknologi digital,” kata Anita Sukarman, Senior Vice President of Public Policy & Government Relations Gojek melansir dari uzone.id.

Adanya kerjasama ini, pemerintah bakal membidik sebanyak 30 juta UMKM untuk bergabung dengan platform digital sampai dengan 2024 mendatang. Meski pada prosesnya nanti akan banyak tantangan yang dihadapi, namun pemerintah optimis target tersebut bakalan bisa tercapai.

Baca juga:

“Hal ini tentunya tidak mudah, tantangan yang dihadapi UMKM terutama terkait kesiapan, baik dari sisi produk maupun SDM. Selain itu, upaya untuk meningkatkan literasi manfaat masuk ke ekosistem digital dan inkubasi untuk mengakselerasi kesiapan UMKM perlu dilakukan secara intensif,” kata Eddy Satriya, Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi & UKM.

Sementara itu, Group Head of Merchant Marketing Gojek, Bayu Ramadhan mengatakan jika sejaka awal  Gojek didirikan, pertumbuhan ekonomi UMKM terus bertumbuh, dan hingga saat ini UMKM terus didorong dan didukung.

“Sejak awal didirikan, mendukung pertumbuhan UMKM merupakan DNA dari Gojek. Hingga saat ini Gojek terus konsisten bergotong royong, mendukung dan memberdayakan UMKM dengan sederet inovasi teknologi dan non-teknologi,” kata Bayu Ramadhan, Group Head of Merchant Marketing Gojek.

Hingga akhir tahun, Gojek menargetkan 100 ribu UMKM terlatih  dan mendapat pengembangan kapasitas. Pelatihan ini mendukung perkembangan UMKM Indonesia melalui dukungan komunitas dan serangkaian pelatihan keterampilan bisnis yang ditujukan bagi mitra usaha Gojek yang bergabung sebagai mitra GoBiz (GoFood, GoPay, GoKasir), Moka, Midtrans, Selly, dan GoSend.

Related Articles