FesyenKabar KreatifSosok

Hafiza Elfira, Sociopreneur berdaya bersama Mantan Penderita Kusta

Penulis: Nasrul (@gesercuy)

Hafiza Elfira Mahasiswi Universitas Indonesia ini memulai usahanya secara tidak sengaja. berawal dari Tugas kampus yang ia lakukan di kampung Kusta Sitanala, Tangerang, Banten. Bermula dari tugas tersebut hingga menjadi proyek kewirausahaan sosial yang bertujuan memberdayakan masyarakat marjinal penyandang difabel yang kebanyakan para penderita kusta, ia mempunyai tekad agar kehidupan para difabel tersebut dapat jauh lebih baik dan mandiri. Tugas kampus yang hanya berumur tiga bulan itu hanya bermodalkan Rp 7,5 juta.

Sosok Wanita Kreatif ini bernama lengkap Hafiza Elfira Nofitariani.

Gadis kelahiran Jakarta, 22 September 1990 yang akrab disapa Fiza adalah sosok wanita kreatif pendiri Nalacity Foundation. Sebuah program sosial yang terbentuk melalui Indonesia Leadership Development Program (ILDP) Universitas Indonesia.

Baca juga: Mochamad Theo Zaenuri, sosok socialpreneur kreatif berdaya bersama kaum marjinal

Salah satu kesulitan dalam kegiatan ini adalah mengubah cara berpikir. Mereka yang disebut Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK) banyak dari mereka merasa malu untuk berkumpul kembali bersama keluarganya, sehingga memutuskan untuk tinggal di sekitar rumah sakit. Pekerjaan serabutan pun menjadi pilihan mereka, seperti pemulung, tukang sapu jalanan, atau bahkan pengemis.

Dengan pendekatan yang intens terhadap OYPMK, akhirnya terkumpullah 20 orang ibu-ibu OYPMK untuk dididik dan dilatih membuat jilbab, diantaranya belajar menjahit, dan memasang manik-manik. Dengan meminta bantuan salah seorang fashion designer untuk mengajari ibu-ibu tersebut.

Dibawah naungan Nalacity Foundation akhirnya Hafiza Elfirabersama rekan yang awalnya hanya merupakan program Social Entrepreneurship Initiative yang digagas oleh Forum Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia. Telah mampu menjadikan ibu-ibu bekas penderita kusta menjadi manusia-manusia yang mandiri dan mampu berkarya. Karena setelah program tersebut selesai, Hafiza Elfira bersama dengan teamnya terus melanjutkan Social enterpreneur tersebut sampai sekarang.

Hafiza Elfira Nalacity https://www.instagram.com/nalacityfoundation/?hl=id
Nalacity Foundation https://www.instagram.com/nalacityfoundation/?hl=id

Jilbab hasil karya Fiza dan ibu-ibu penderita kusta tersebut dibuat sedikit unik dan menarik, yaitu dengan menambahkan manik-manik yang mengkilau agar menambah kesan elegan bagi si pemakai. Maka tak heran jika sekarang jilbab produksi Nalacity Foundation telah dikenal banyak orang.

Fiza memanfaatkan media online dan social media seperti website, twitter, facebook, instagram sebagai sarana untuk memasarkan jilbab produksi Nalacity Foundation tersebut. Karena menurut Fiza, proses pemasaran dengan memanfaatkan media sosial ini tidak ribet dan cukup mudah. Selain itu juga dapat dijangkau dari berbagai penjuru wilayah di indonesia bahkan seluruh dunia.

Produk Nalacity Foundation https://www.instagram.com/nalacityfoundation/?hl=id
Produk Nalacity Foundation https://www.instagram.com/nalacityfoundation/?hl=id

Selaku Co Founder sekaligus Director dari Nalacity Foundation, Hafiza Elfira mendapatkan inspirasi dari berbagai macam social enterpreneurship indonesia yang sudah lebih dulu membuat program pemberdayaan masyarakat yang juga telah sukses dalam program pemberdayaan tersebut.Hafiza Elfira bersama Nalacity Foundation mempunyai tujuan mulia yakni memberdayakan masyarakat marjinal penyandang difabel untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan mandiri.

Usaha Nalacity Foundation tidak sia-sia, mereka berhasil memberikan angin segar bagi penderita kusta yang tadinya hanya sekedar menerima pemberian orang lain, sekarang mereka dapat menjadi sosok-sosok yang mau berusaha, belajar mandiri, dan menghasilkan karya yang dihargai oleh masyarakat luas.

 

Sumber-sumber:

https://www.bernas.id/54298-hafiza-elfira-pemantik-kepercayaan-diri-mantan-penderita-kusta.html

https://www.bocahsoenyi.com/2016/02/social-enterpreneur-muda-cantik-hafiza-elfira.html

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close